Lagi, Empat Pasangan Balon Bupati Taput Jalani Tes Kesehatan

dr Saut Hitasoit

TARUTUNG- Sesuai jadwal, empat pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Taput menjalani tes kesehatan di RSU Swadana Tarutung, Kamis (11/7). Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut akan disampaikan ke KPU pada Sabtu (20/7) mendatang.

Ketua tim medis pemeriksa kesehatan dr Saut Hitasoit mengatakan, hari kedua ada empat pasangan balon yang menjalani tes kesahatan. “Hari pertama ada lima pasangan balon yang diperiksa dan hari kedua ada empat pasangan.

Jadi, seluruh pasangan balon bupati yang mendaftarkan diri menjadi peserta pilkada Taput 2013 sudah menjalani tes kesehatan,” ujarnya.

Dia menerangkan, sembilan pasangan tersebut yakni pasangan Ratna Ester Lumbantobing (REL-Raja), Sanggam Hutagalung-Sahat Sinaga (Sahata), Margan Sibarani-Sutan Nababan (Martua), Banjir Simanjuntak-Maruhum Situmeang (Banjir-Ma), pasangan Saur Lumbantobing-Manerep Manalu.

Kemudian, pasangan Sanggam Hutapea-Martinus Hutasoit, Bangkit P Silaban-Davit PPH Hutabarat (Badia), Pinondang Simanjuntak- Ampuan Situmeang serta pasangan Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir (Nikmat).

“Pemeriksaan ini dilakukan tim dokter dibawah naungan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Taput. Pemeriksaan dilaksanakan untuk mengetahui status kesehatan masing-masing pasangan calon.

Jangan sampai ketika menjalankan tugasnya kelak, yang bersangkutan kehilangan kemampuan fisik karena kondisi kesehatan,” ucapnya.

Dalam menjalani pemeriksaan, menurut dr Saut, tim medis bersikap objektif dan profesional dalam menjalankan tugasnya ini. “Selaku dokter, kami bersikap objektif dan profesional. Apapun hasil pemeriksaan kesehatan pasangan balon, itu yang akan kami sampaikan ke KPU. Hasil pemeriksaan ini bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat,” terangnya.

Terpisah, Mulia Sinaga salah seorang aktivis di Taput berharap agar tim dokter dari IDI bisa menjalankan tugasnya dengan profesional. Sama halnya dengan KPU, harus bersikap tegas jika ternyata ada calon yang tidak memenuhi syarat tes kesehatan.

“KPU harus berani menegakkan aturan. Maksudnya, kalau ada yang tidak sehat, ya harus didiskualifikasi,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap para pasangan balon merupakan tahapan pilkada yang harus dipenuhi masing-masing pasangan.

Dia mengaku, hasil pemeriksaan diserahkan mulai Sabtu (13/7) mendatang. Pemeriksaan yang dilakukan tim medis meliputi kemampuan pribadi, kesehatan jasmani dan rohani. “Nanti akan dilihat dari sisi kemampuan pribadi atas hasil pemeriksaan tim medis,” tandasnya. (cr-01/mua)

Komentar