Marojahan Situmeang dan Jansen Sitompul Siap Paulihon Taput

Marojahan Situmeang

TAPUT – Ir Marojahan Situmeang MSc dan Jansen Sitompul SE, salah satu bakal pasangan calon Bupati Tapanuli Utara periode 2014-2019, mengaku siap untuk Paulihon (memperbaiki, red) daerah itu lima tahun mendatang.

Keyakinan itu, diutarakan oleh Ir Marojahan Situmeang, kepada METRO, Jumat (5/4) di Tarutung. ”Konsep untuk membangun Kabupaten Tapanuli Utara itu sebenarnya sangat sederhana.

Kita harus mulai dari dasar. Ibarat komputer, kita harus mulai dari perbaikan software-nya, yakni perbaikan SDM,” ujar Marojahan.

Karena seberapa besar pun kekayaan yang dimiliki Taput, seperti hasil pertanian, tanpa didukung Sumber Daya Manuasia (SDM) yang handal, mustahil bisa berhasil. Termasuk disini SDM aparatur pemerintahan yakni reformasi birokrasi.

”Dengan dana kecil pun Taput itu bisa dibangun. Asal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) itu dikelola secara efektif, efisien dan maksimal. Bayangkan, 65 persen APBD Taput itu dikelola untuk belanja pegawai. Jadi, ini yang harus kita benahi terlebih dahulu,” sambungnya.

“Kalau langsung kita membangun sektor pertanian tanpa ada SDM yang bagus, mustahil dapat hasil yang maksimal. Kita harus bangun budaya di masyarakat itu seperti budaya marsiurupan (gotong royong), kerja keras dan disiplin dulu.

Maka aparatur pemerintah melalui tenaga PPL (petugas penyuluh lapangan) untuk pertanian, peternakan dan perikanan kita maksimalkan untuk memberi penyuluhan kepada petani,” tambah Marojahan.

Di samping itu, guna menopang SDM tadi, sebut Marojahan, budaya masyarakat Taput yang berkarakter kerja keras dengan tetap pada koridor adat istiadat dan kerohanian, harus kembali digalakkan.

”Sebab, kearifan lokal itu sangat mendukung untuk program pembangunan. Maka, masyarakatlah yang kita libatkan secara langsung untuk bersama dengan pemerintah melaksanakan efisiensi anggaran itu tadi,” terangnya.

Selanjutnya, Marojahan mengatakan, untuk mendukung peningkatan hasil produksi pertanian masyarakat di daerah itu, maka pemerintah harus memperbaiki sarana infrastruktur jalan dari sentra pertanian menuju pasar.

”Tentu, kualitas jalan itu harus yang terbaik, harus aspal hotmix,” ujar pria asal Kecamatan Sipoholon, Taput yang kini bekerja sebagai PNS di Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Sumber Daya Air, Jakarta itu.

Perbaikan sarana infrastruktur itu juga nanti akan dapat memacu hadirnya investor ke daerah ini. Dengan hadirnya investor, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak, maupun  pendapatan per kapita masyarakat akan meningkat.

”Industri rumah tangga (home industry) juga akan kita galakkan dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya alam yang ada. Misalnya untuk kerajinan Ulos Batak. Kalau PNS di Jakarta pakai Batik setiap minggu masuk kerja, kenapa kita tidak pakai seragam yang bercorak ulos? Jadi, Taput itu harus menjadi pusat pendidikan, ekonomi dan kerohanian,” imbuhnya.

Untuk sektor kesehatan, Marojahan menyebut, bahwa setiap tenaga medis, baik yang ada di tingkat Poskesdes, Puskesmas maupun rumah sakit harus memiliki etika sopan dan ramah kepada setiap pasien tnpa melihat latar elakang ekonomi.

”Sapalah pasien itu dengan ramah, tangani secepatnya penyakitnya. Dan khusus untuk Rumah Sakit Umum Swadaya Tarutung, dokter-dokter spesialis harus ditambah. Misalnya spesialis penyakit dalam, penyakit jantung dan dokter spesialis penyakit lain yang paling banyak diderita masyarakat,” imbaunya.

Sementara untuk pelayanan birokrasi, Marojahan mengatakan, setiap PNS yang ada di Pemkab Taput harus mengutamakan pelayanan prima. ”Jangan masyarakat sampai terbebani dengan kutipan-kutipan uang yang tidak jelas. PNS itu juga tentunya jangan dibebani dengan target-target yang tidak jelas. Itu bisa memicu penyalahgunaan wewenang,” tandasnya.

Terakhir, ketika ditanya partai mana yang akan mengusungnya maju di Pilkada Taput yang akan digelar 10 Oktober mendatang, Ir Marojahan masih enggan membeberkan. ”Kalau itu nanti dulu lah. Bulan April ini kita akan deklarasikan. Termasuk deklarasi pasangan.

Yang jelas, partai pendukung sudah ada. Bahkan, partai pendukung kita itu sudah memiliki 15 persen perolehan suara sah pada Pemilu Legislatif tahun 2009 di Taput,” pungkasnya. (hsl/des)

  • Hans

    Situmeang Seluruh Dunia telah Memutuskan dan Mendoakan Ir. Marojahan Situmeang Msc, agar dapat Paulihon Tapanuli goodluck..

  • http://www.facebook.com/torang.situmorang Torang Situmorang

    kalau memang program pertama bapak demikian tentunya bapak sudah tahu konsekuensi nya. karena kalau membaca artikel diatas berarti efisiensi PNS/aparatur/birokrat di Taput.?

  • http://www.facebook.com/roy.robesxstpl Robesk Stpl

    Bah…..tudia amang Pinondang Simanjuntak. Alana ngaterbege sahat tu desa naualu berpasangan dihot Jansen Sitompul. Songon na laris do hahanggikku Sitompul on di antara balon Bupati on…horas ma ate selamat berjuang dihamu sude angka tondong i.