Mike Tyson Dilarang Masuk Selandia Baru

Mike Tyson

Pemerintah Selandia Baru melarang mantan juara tinju kelas berat Mike Tyson masuk ke negeri itu, Rabu (3/10). Tyson dilarang masuk karena pernah dihukum enam tahun penjara dalam kasus perkosaan pada 1992.

Sesuai undang-undang Selandia Baru, apabila pernah dipenjara selama lima tahun, seseorang tidak akan memperoleh visa untuk memasuki negeri itu. Sebelumnya, Tyson sudah mendapatkan visa masuk ke Selandia Baru terkait acara amal yang akan dihadirinya, November mendatang. Perdana Menteri John Key menentang pemberian visa tersebut.

Namun, Wakil Menteri Imigrasi Kate Wilkinson mengatakan, visa untuk Tyson dicabut setelah sponsor acara tersebut menegaskan tak ingin berurusan lagi dengan kunjungan Tyson.

“Itu berarti sponsor tak lagi mendukung acara itu sehingga pemerintah mencabut pemberian visa untuk memasuki Selandia Baru saat acara itu digelar,” kata Wilkinson.

Sebelumnya, PM John Key mengatakan, dirinya tidak memahami alasan rasional di balik alasan mengizinkan Tyson memasuki Selandia Baru. John Key menambahkan, secara pribadi, dirinya tak akan pernah mengizinkan seseorang dengan sejarah kriminal kelam, apalagi terkait kekerasan terhadap perempuan, memasuki Selandia Baru.

“Mungkin kasusnya sudah lama. Namun, bagi saya, (perkosaan) itu masalah yang sangat serius,” kata Key. Sementara itu, Yayasan Life Education  membenarkan bahwa organisasi itu akhirnya memutuskan untuk tidak menghadirkan Tyson.

“Kami adalah lembaga amal yang bekerja dengan anak-anak, membangun kepercayaan diri dan hubungan dengan orang lain, jelaslah ada nilai yang tidak cocok jika melibatkan Tyson dalam acara ini,” tutur Direktur Eksekutif Yayasan Life Education John O’Connel.

“Dan, dihukum dalam kasus perkosaan adalah alasan utama kami membatalkan kehadiran Tuan Tyson,” ujar O’Connel. (int)

Komentar