Muspida, KPU, dan Panwaslu Taput Tinjau Kesiapan TPS

[Foto: Bernad L Gaol]
Muspida, KPU dan Panwaslu Taput tinjau kesiapan TPS.

TARUTUNG – Muspida Taput dan Komisi Pemilihan Umum beserta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Rabu (6/7) siang meninjau empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dua kecamatan.

Empat TPS yang ditinjau itu yakni TPS IV Kelurahan Huta Toruan X, TPS I Kelurahan Hutatoruan IX Kecamatan Tarutung, dan TPS II Desa Hutauruk Sipoholon, serta TPS II Desa Silangkitang Sipoholon, Taput.

Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu mengatakan, sejauh ini tidak ada permasalahan maupun kendala yang dihadapi oleh KPPS. Sebagai penyelenggara, dia berharap pelaksanaan Pilgubsu dapat berjalan aman, tertib, lancar dan sukses. “Secara umum persiapan di TPS-TPS sudah oke.

Kami juga meninjau persiapan di kecamatan lain dan kami harap semuanya berjalan lancar dan sukses,” kata Lamtagon Manalu, Rabu (6/7) sebelum menuju Kecamatan Sipoholon.

Dia juga menjelaskan, sehari menjelang pencoblosan semua persiapan logistik sudah tak ada masalah. Semua TPS yang ditempatkan di 626 titik juga sudah berdiri. Ada yang dibuat di samping rumah warga dengan penutup terpal, di halaman sekolahan, pekarangan rumah penduduk, dan dalam ruangan aula Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang.

Pada kesempatan itu, Lamtagon juga menjamin semua warga sudah menerima formulir C-6, undangan pemilih sesuai salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berjumlah 205.746 pemilih.

“Jika masih ada yang belum dapat undangan pemilih, kami persilahkan datang langsung ke TPS dengan membawa KTP. Tapi pastikan dulu warga itu masuk DPT. Berdasarkan laporan KPPS semua kartu pemilih berikut undangan sudah dibagikan,” ucapnya.

Sementara itu, untuk pengamanan jalannya Pilgubsu nantinya akan di back up pihak kepolisian dari Polres Taput yang melibatkan personil polsek setempat.

“Untuk pengamanan jalannya proses pencoblosan di TPS-TPS akan di back up oleh anggota kita dibantu personil dari polsek setempat,” ujar Kapolres Taput AKBP IKG Wijadmika SIK yang turut ikut meninjau TPS.

Kapolres menegaskan, kekuatan personil yang menjaga keamanan di TPS tidak merata.
“Jumlah anggota yang jaga di TPS tidak merata, tergantung situasi dan kondisi TPS. Jika TPS nya berada di perkotaan dan saling berdekatan dengan TPS lain maka yang jaga cukup satu orang untuk tiga TPS. Tetapi bila TPS nya saling berjauhan dengan TPS lain maka dijaga satu orang per TPS,” terangnya.

Terpisah, Ketua Devisi Humas dan Pengawasan Pemilu Sardion Situmeang SH menyebut, dari semua TPS yang dikunjungi bersama Muspida telah menunjukkan kesiapannya untuk melakukan pemungutan suara Pilgubsu.

Mengenai TPS yang rawan, dari koordinasi yang dilakukan dengan pihak penyelenggara dan Polres Taput sejauh ini semua berjalan aman terkendali. “Kita semua berharap pemilihan itu nanti dapat berjalan lancar, aman dan sukses,” ucap Sardion Situmeang.

Pantauan METRO di sejumlah titik, kesibukan memang tampak terlihat di semua TPS kecamatan dalam kota. Ada yang sudah rampung mendirikan tenda untuk tempat pemilihan suara, ada juga yang masih menyiapkan tiang dan terpal. (cr-01)

Komentar