Pria Ini Simpan Ratusan Gram Ganja Siap Edar

GideonAritonang/MetroSiantar
Personel BNNK Siantar menujukkan ganja yang didapat dari tersangka (membelakangi kamera).

MetroSiantar.com- BUS (43) pengedar ratusan gram ganja ditangkap Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Siantar, kemarin. Pria yang bermukim di Jalan Kasuari, Kelurahan Sipinggol-pinggol, Siantar Barat, ini ditetapkan sebagai tersangka oleh BNNK Siantar.

Kepala BNNK Siantar AKBP Saudara Sinuhaji melalui Humas BNNK Siantar Joko Sirait mengatakan, setelah pemeriksaan intensif, pihaknya resmi menetapkan status BUS sebagai tersangka.

Diterangkannya, penangkapan tersangka berdasarkan laporan warga, bahwa di kediaman rumahnya ia sering bertransaksi barang haram itu.

“Dari tangan tersangka kita dapat barang bukti satu buah plastik hitam di dalamnya terdapat satu bungkusan kertas koran berisi narkotika jenis ganja seberat 188,33 gram,” terang Joko, didampingi Rustam Efendi dan Parningotan Purba saat menggelar press release, Senin (11/12) sekira pukul 14.00 WIB di kantor BNNK Siantar.

“Kemudian satu buah handphone merk Samsung berwarna putih, dan 66 lembar potongan kertas untuk menggulung ganja siap edar ini,” bebernya. Untuk proses hukum, sambungnya, tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat (1) subsider pasal 111 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Sementara, tersangka yang dimintai keterangannya membantah jika ganja yang didapat dari kediamannya itu akan dijual kembali. Dikatakannya, barang haram ini didapatkan dari seseorang yang akrab dipanggil Aseng.

“Dari orang Jalan Singosari, Bang. Namanya gak tau, tapi panggilannya Aseng. Aku beli 4 garis,” ujarnya sembari mengaku, membeli seharga Rp800.000. Setelah dipaparkan di depan awak media, tersangka kembali dibawa ke sel tahanan dengan dikawal dua orang petugas. (cr-05/smg)