Bupati Simalungun & Batubara Tandatangani Dokumen Tapal Batas

Bupati Asahan OK Arya dan Simalungun JR Saragih saat menandatangani tapal batas di Kabupaten Batubara
Bupati Asahan OK Arya dan Simalungun JR Saragih saat menandatangani tapal batas di Kabupaten Batubara

 

MetroSiantar.com,ASAHAN – DEMI memperkuat batas wilayah dua kabupaten di Sumatera Utara, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batubara secara resmi melakukan penandatanganan tapal batas.

Penandatanganan dilakukan di Kantor Bupati Batubara di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara. Kegiatan dihadiri langsung Bupati Simalungun JR Saragih, Asisten I Marolop Silalahi, Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnaian, Sekda Batubara Sakti Alam Siregar, Kadis Perhubungan Sahala Nainggolan, Staf Ahli Bupati H Iskandar SH dan Kabag Tata Pemerintahan Rahman Hadi.

Bupati H OK Arya Zulkarnaian menuturkan, pihaknya sudah mengusulkan adanya pemekaran kecamatan sehingga dengan mudah akan diketahui perbatasan dengan kabupaten lainnya, termasuk kabupaten yang berada di dekatnya, termasuk Kabupaten Simalungun.

“Kalaulah pemekaran kecamatan dari daerah baru saja yang ada di Batubara maka tidak akan ada penegasan tapal batasnya. Karena kecamatan yang baru mekar berbatasan langsung dengan Kabupaten Simalungun, maka dibutuhkan penegasan dari tapal batas,” jelasnya, Rabu (17/5).

Diakuinya, selepas ditandatangani oleh dua kabupaten, yakni Simalungun dan Batubara, barulah dibawa ke Kementerian Dalam Negeri untuk ditindaklanjuti agar mendapat persetujuan adanya pemekaran tersebut.