Di Pulau Ini Natal dan Tahun Baru Jatuh Pada Tanggal 6 dan 13 Januari

The Atlantic
Pulau Foula,Skotlandia
The Atlantic

MetroSiantar.com,Skotlandia – Meskipun sudah ditingalkan sejak abad ke-18, namun penduduk Pulau Foula, Skotlandia masih terus mempergunakan sistim kalender Julian hingga saat ini.

Sehingga berdasarkan kalender, mereka baru akan memasuki tahun baru 2017 pada tanggal 13 Januri mendatang. Bukan hanya itu, perayaan natal di pulau itu juga baru dirayakan pada tanggal (6/1) kemaren.

Tidak ada acara besar-besaran dalam dua momen istimewa tersebut. Maklum, penduduk di sana hanya 30 orang. Mau jalan-jalan pun nanggung.

Sebab, pulau itu sangat ”minimalis’’. Lebar 4 km, panjang 5,6 km. Luasnya 12,65 km persegi alias delapan kali Kebun Binatang Ragunan.

Sebagai ”anggota” Inggris Raya, perkembangan Foula terbilang paling lambat. Air bersih baru benar-benar mengalir pada 1982.

Listrik masuk dua tahun kemudian. ”Listrik kami pakai tenaga diesel dan panel surya. Dan, syukurlah, kami sekarang punya akses internet dan televisi selama 24 jam,” ucap Stuart Taylor, salah seorang warga.

Meski serba-tertinggal, Taylor merasa happy tinggal di Foula. Dia bahkan menolak dibilang ketinggalan zaman.
’’Negara-negara lain saja yang berubah. Bukan kami yang jadul,’’ tutur pria 44 tahun itu.

Buat yang belum sempat atau kehilangan momen party tahun baru, silakan ke Foula. Mumpung masih ada waktu. (Irish Mirror/fam/c6/ca)