Rekrutmen PNS Difokuskan di Bidang Fungsional

Ilustrasi Jgy
Ilustrasi Jgy

MetroSiantar.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan, saat ini jajaran pegawai negeri sipil (PNS) didominasi kemampuan administrasi. Untuk itu, perlu ada rekrutmen yang diprioritaskan untuk pengisian di lini fungsional.

“Jadi begini, sekarang aparatur sipil negara kita didominasi oleh yang namanya kemampuan administrasi, fungsionalnya nggak ada. Kemampuan administrasi semua,” kata Asman saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/4).

Asman menyebut, yang dibutuhkan saat ini adalah PNS berbasis fungsional, yaitu PNS yang memiliki kemampuan teknis. “Misalnya insinyur pertanian, peternakan. Itu nggak punya kita. Makanya kita akan fokus mengisi jabatan PNS yang betul-betul punya keahlian itu,” katanya. Dengan demikian, lanjut Asman, perekrutan yang akan dilakukan diharapkan menghasilkan PNS yang berkualitas. Terlebih pengadaan ini akan dilakukan secara terperinci.

“Diharapkan menghasilkan PNS berkualitas. Dulu pengadaan PNS massal, sekarang diperinci, arsitek berapa orang di pemda, jadi harapannya lebih baik,” katanya. (int/ms)