Sefriadi: Hefriansyah Harus Kejar Status Definitif

Plh Walikota Hefriansyah
Plh Walikota Hefriansyah

MetroSiantar.com,SIANTAR – Surat Keputusan (SK) penetapan status Hefriansyah sebagai Pelaksana Harian (Plh) Walikota Pematangsiantar diharapkan bisa segera mungkin diubah menjadi definitif. Hefriansyah sendiri harus mengejar Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Hal itu disampaikan pengamat pemerintahan yang juga akademisi, Sefriadi, Sabtu (18/3).

“Pak Hefriansya selaku Plh harus mengejar bola ke gubernur dan seharusnya mempertanyakan pembuatan dasar hukum SK Plh itu. Kenapa saya bilang seperti itu? Karena pak Hefriansyah hasil dari legitimate masyarakata Siantar sebanyak 50 persen lebih. Jangan sampai rakyat mempertanyakan ini langsung ke kantor gubernur. Hati-hati,” katanya.

Menurutnya, mendefinitifkan Hefriansyah menjadi walikota sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan. Sesuai dengan kajian hukum, tambah Sefriadi, tidak ada dasar hukum pengangkatan Hefriansyah menjadi Plh walikota.

“Sudah jelas, tidak ada regulasi hukum yang mengatakan itu. Harus menunggu lama untuk mendefinitifkan Hefriansyah, bahkan pembuatan SK Plh juga tidak mendasar. Yang kita tahu, SK Plh itu diberikan untuk menggantikan sementara tugas seseorang yang kemudian akan menjabat. Bukan untuk yang berhalangan tetap,” katanya.