Sarapan Sehat Sebelum Jam 9! Untuk Generasi Sehat, Cerdas dan Aktif

Penampilan Bastian Steel ribuan penonton dengan geraknya yang lincah saat acara Sarapan Sehat Sebelum Jam 9” untuk Generasi Sehat, Cerdas dan Aktif  yang diadakan di Lapangan Brimob, Minggu (19/3)
METRO SIANTAR/DHEV BAKKARA
Penampilan Bastian Steel ribuan penonton dengan geraknya yang lincah saat acara Sarapan Sehat Sebelum Jam 9” untuk Generasi Sehat, Cerdas dan Aktif yang diadakan di Lapangan Brimob, Minggu (19/3)

MetroSiantar.com-Energen yang didukung Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia menggelar acara yang mengedepankan pentingnya sarapan sehat sebelum jam 9, dengan gizi lengkap untuk generasi yang lebih sehat, cerdas dan aktif.

Kegiatan itu bertajuk ‘Energen Mayora Nutrition sebagai produk gizi berkualitas. Dimana Mayora Nutrition menginisiasi dan mendidik masyarakat tentang pentingnya sarapan sehat sejak tahun 2015, melalui kampanye nasional secara berkesinambungan di seluruh tanah air. Kali ini, ketepatan kegiatan itu dilakukan di Lapangan Brimob, Jalan Ahmad Yani, Siantar Timur, Minggu (19/3).

Disebutkan, edukasi itu sudah dilakukan sejak tahun 2015 silam dan Kota Siantar merupakan kota yang 29. Total peserta selama ini tercacatat sebanyak 290.000 ribu. Nah, memasuki tahun 2017, komitmen dan konsisten kampanye nasional ‘Ayo Sarapan Sehat Sebelum Jam 9’ itu terus dilakukan di 20 kota, dengan target lebih dari 200 ribu peserta, mulai dari Sabang hingga Merauke.

Keseriusan Energen ini berawal dari fakta masih tingginya permasalahan kekurangan gizi sarapan di Indonesia. Dan itu terus ditekan melalui edukasi masyarakat untuk mulai memperhatikan gizi sarapan keluarga dengan kampanye ini. Selain itu juga, sebagai upaya untuk mendukung Peraturan Menteri Kesehatan No. 41/2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang yang salah satu pesannya (pesan ke-6) adalah ‘Biasakan Sarapan’.

Keseriusan juga di perlihatkan Energen yang hingga saat ini mendapat sambutan baik dari masyarakat dengan di dukung oleh IDI, Pergizi Pangan Indonesia, pemerintah kota setempat, tokoh masyarakat setempat, komunitas peduli kesehatan, hingga selebriti ibukota, untuk menyebarkan informasi terkait sarapan sehat yang dibutuhkan setiap individu.

“Kami sadar bahwa untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya sarapan sehat sebelum jam 9 tentunya membutuhkan proses dan harus dilaksanakan secara konsisten, berkesinambungan dan menggandeng semakin banyak pihak yang memiliki misi dan visi yang sama. Untuk itulah, pada momen dan dalam rangka kampanye ‘Ayo Sarapan Sehat Sebelum Jam 9’hari ini di Siantar, kami berterimakasih atas dukungan lembaga profesional IDI dan Pergizi Pangan Indonesia yang sudah bersama-sama melakukan sinergi aksi dengan pihak lainnya. Sehingga tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia, khususnya warga Siantar, untuk membangun generasi yang sehat, cerdas dan aktif melalui kebiasaan sarapan sehat sebelum jam 9 dengan gizi yang tepat, dapat terwujud,” kata Goesnawan, Marketing Director PT Mayora Indah selaku produsen Energen.

Dia menambahkan, Energen mengandung kombinasi zat padat dan zat cair dengan format susu sereal yang bergizi, mengenyangkan dan memberi tenaga. Energen dapat menjadi solusi tepat bagi keluarga Indonesia untuk pemenuhan gizi sarapan sehat, sejalan dengan misi pemerintah serta anjuran Pergizi Pangan Indonesia dan IDI akan pentingnya nilai sarapan sehat bergizi. “Edukasi kesadaran masyarakat akan pentingnya memperhatikan gizi harian juga disampaikan oleh IDI melalui pesan kesehatan sekaligus memberikan dukungan kepada Mayora Nutrition melaui produk Energen atas kampanye tersebut.

Masyarakat diharapkan memulai hari dengan sarapan dan harus dijadikan kebiasaan baik. Namun edukasi dan informasi kandungan sarapan yang dikonsumsi juga harus mulai diperhitungkan, agar manfaat sarapan bisa maksimal dan mampu menunjang aktivitas seharian. Sarapan yang baik itu harus mengandung zat cair dan zat padat. Kombinasi tersebut dapat menunjang metabolisme yang diperlukan tubuh. Intinya sarapan sehat harus dengan komposisi yang benar, tidak hanya banyak, tetapi juga harus mengandung zat gizi yang tepat. Gizi yang terkandung di dalam sarapan sehat harus memiliki komposisi yang tepat juga memberi tenaga. Oleh karena itu format susu sereal dapat menjadi alternatif yang sehat karena memenuhi semua syarat komposisi sehat dari sebuah sarapan sehat.

Produk Energen sendiri mengusung nilai ‘everyday nutritions start’ karena Energen hadir dengan kandungan lengkap Susu Sereal, Telur dan Sigmavit (vitamin dan mineral). Sereal mampu membuat anak Indonesia lebih kenyang dan bertenaga, telur merupakan sumber protein serta sigmavit merupakan multivitamin dan mineral. Kampanye nasional ‘Ayo Sarapan Sehat Sebelum jam 9’ diharapkan dapat memberikan manfaat dan edukasi berguna bagi keluarga Indonesia dan selalu menjadi event kesehatan yang ditunggu-tunggu masyarakat di seluruh penjuru nusantara” katanya.

Sebelumnya kegiatan itu mendapat perhatian dari Pelaksana Harian (Plh) Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah. Sesaat sebelum melaksanakan gerak jalan santai dan senam bersama di acara pembuka, Hefriansyah mengajak masyarakat peduli kesehatan dengan menjaga pola makan empat sehat lima sempurna. “Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” ucapnya.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan hadiah lucky draw, seperti sepeda dan hadiah utama dua unit sepedamotor.(pam/hez)