Bus Damri Siap Angkut Wisatawan dari Siantar ke Danau Toba

Badan Otoritas Danau Toba saat berkunjung ke Siantar
Badan Otoritas Danau Toba saat berkunjung ke Siantar

MetroSiantar.com,SIANTAR – Kota Pematangsiantar menjadi salah satu pintu gerbang utama menuju Kawasan Danau Toba. Hal inipun menjadi perhatian khusus pihak Badan Otorita Danau Toba (BODT). Langkah untuk memajukan kota ini, adalah dengan membenahi sarana transportasi yang dianggap mendesak. Dan salah satu yang perlu diperkuat adalah penguatan sarana transportasi kereta api.

Hal ini tertuang dalam rapat yang dilaksanakan BODT di Sapadia Hotel, Selasa (16/5).

Hadir dalam rapat tersebut, Direktur Utama (Dirut) BODT Adi Prasetyo, pihak Kementerian Kemaritiman Rahmat, Presiden Direktur PT Kereta Api (KA) DP VIII Heryanto dan GM Perum Damri Medan Muhdidin. Kemudian Kepala Dinas Perhubungan Pematangsiantar Esron Sinaga dan Kepala Dinas Pariwisata Fatimah Siregar.

Dalam rapat bertajuk koordinasi transportasi menuju kawasan Danau Toba itu, Adi Prasetyo mengharapkan, selain kereta api hendaknya ada transportasi Damri yang mendukung. Dan jika nantinya  bus Damri beroperasi, diharapkan mampu mendukung destiniasi wisata Danau Toba agar lebih maksimal. Tidak hanya melayani rute perjalanan Siantar-Parapat, bus Damri itu diharapkan bisa sampai ke Bandara Silangit.

Menurutnya, sepanjang jalan dari dan menuju Bandara Silangit hingga Parapat, masih banyak objek wisata, seperti wisata alam, sejarah, budaya, serta kuliner yang dapat dinikmati wisatawan yang memungkinkan Perum Damri tetap kebagian penumpang.