Setelah Dilantik, Angota Panwascam Ikuti Bimtek

Logo_Panwaslu

MetroSiantar.com-Sebanyak 24 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Pematangsiantar yang terpilih akan dilantik hari ini, Rabu (11/19) di Hall Siantar Hotel. Selesai pelantikan, mereka akan langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digelar.

Ketua Panwaslu Kota Siantar Junita Lila Sinaga mengatakan, bimbingan teknis digelar selama dua hari dengan materi pembekalan dalam hal membangun sinergitas sesama Panwas. Menurutnya, Panwas Kecamatan juga nantinya diminta melakukan rapat pleno untuk penentuan kompisisi ketua dan divisi-divisinya.

“Setelah semuanya rampung. Baru kita menunggu pentujuk dari Bawaslu Sumut soal perekrutan Panwas Kelurahan,” ujarnya.

Disinggung bagaimana peran Panwas saat ini terkait adanya kegiatan-kegiatan politik para balon Gubsu, Junita mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa masuk ke ranah penindakan, karena belum ada penetapan calon oleh KPU. “Sekiranya sudah ada calon yang sudah ditetapkan, maka kita bisa bertindak. Jadi saat ini kita hanya mengamati saja,” ujarnya.

Begitupun, Junita berharap dalam berpolitik tetap mengedepankan etika yang baik, dan tetap menjaga aset pemerintah. “Sepeti pemasangan alat peraga di pohon-pohon, tentu tidak bisa. Tapi itukan ranahnya pemerintah daerah. Saat ini kita masih mengamati saja, belum bisa melakukan penindakan,” katanya lagi. (pra/hez/ms)