Antisipasi DBD dengan Fogging

Fooging di Jalan Linggarjati antisipasi DBD
Fooging di Jalan Linggarjati antisipasi DBD

MetroSiantar.com-Dinas Kesehatan Kota Siantar melakukan fogging atau pengasapan di pemukiman warga Jalan Linggar Jati, Kelurahan Merdeka, Siantar Timur, Kamis (19/10).

Menurut Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular Dinkes, Yeyen br Damanik, fogging ini yang mereka gelar itu dilakukan atas adanya laporan dari Puskesmas terdekat, yakni Puskesmas Kesatria, bahwa ada warga yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) di sekitar lokasi.

“Begitu mendapat laporan, kita langsung persiapan fogging. Tentunya setelah kita memantau lokasi terlebih dulu. Pengasapan ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran penyakit DBD di kediaman warga. Paling tidak dengan pengasapan, bisa berguna dan mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk DBD dan mencegah penularan virus oleh nyamuk dewasa pada titik yang dianggap rentan terhadap nyamuk,” ungkapya.

Sementara itu beberapa warga sekitar mengharapkan agar fogging tidak hanya dilakukan di luar rumah saja, namun dalam rumah juga.

“Kita berharap fogging yang dilakukan ini bisa berlanjut. Dan yang penting, jangan hanya dilakukan di luar rumah saja,” ungkap Jhon Masri Sipayung.

Ia menambahkan, selain fogging, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk meminimalisir berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti yang menjadi penyebab DBD.

“Pemberantasan DBD menjadi tanggung jawab kita bersama, dimulai dari informasi dan pemahaman yang tepat mengenai DBD.”

Sementara warga lainnya, Robintang Saragih menerangkan bahwa fogging yang dilakukan Dinas Kesehatan itu juga bisa dilakukan pada saat jam tertentu, seperti jam 9 pagi. “Jangan seperti ini, jam 07.00 WIB. Sebab para nak sekolah ikut terganggu,” ungkapnya anak kos ini.(ros/hez)