Erin Tasya Sinaga, Siswi SMP Swasta Bintang Timur Juara Nasional Cipta Cerpen

Erin Tasya Sinaga bersama Kepala SMP Swasta Bintang Timur Monika Sirait SPd (Suster Urbana KYM).
EdiSaragih/MetroSiantar
Erin Tasya Sinaga bersama Kepala SMP Swasta Bintang Timur Monika Sirait SPd (Suster Urbana KYM).

MetroSiantar.com-Menulis cerita pendek (Cerpen) sudah menjadi hobi Erin Tasya Sinaga, sejak masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). Hobi yang terus diasah dengan selalu menuliskan cerita dengan berbagai topik, membawa siswi Kelas IX SMP Swasta Bintang Timur Pematangsiantar ini meraih juara pertama tingkat nasional kategori Cipta Cerpen.

Ditemui di sela-sela kegiatan belajar di SMP Bintang Timur Pematangsiantar Jalan Lagu Boti, Erin Tasya didampingi Kepala SMP Swasta Bintang Timur Sr Monika Sirait SPd mengatakan, lingkungan sekolah mendukung pengembangan potensi diri, membuat Erin berkembang sesuai bakatnya. Para guru memberikan masukan, saran serta latihan yang meningkatkan kemampuan siswa.

“Kami sering mengikuti kompetisi, itu sangat membantu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kami. Tentunya sebelum mengikuti kompetisi, kami memiliki persiapan yang cukup,”kata juara pertama Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP se-Kota Pematangsiantar tahun 2017 ini.

Prestasi di tingkat kota dan menjadi utusan Siantar untuk tingkat provinsi, membawa putri ke empat pasangan S Sinaga dan T Br Sidabutar ini, menjadi salah satu nominasi untuk OLSN tingkat nasional yang diadakan di Jakarta. Masing-masing provinsi mengirimkan satu peserta terbaik dan Erin keluar sebagai juara pertama untuk kategori Cipta Cerpen.

Remaja putri yang tinggal di Jalan Farel Pasaribu Kelurahan Suka Maju Kecamatan Siantar Marihat, jika kelak lulus SMA akan melanjut ke sekolah kedokteran.

“Cita-cita saya jadi dokter pak,”katanya.

Sementara Kepala SMP Swasta Bintang Timur Sr Monika Sirait SPd mengatakan, sejak berdiri tahun 1978, SMP Bintang Timur telah meluluskan 7.986 orang yang saat ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan di luar negeri. Dengan visi mewujudkan manusia seutuhnya yang berakhlak mulia, berintegritas, unggul dalam mutu berdasarkan iman Kristiani dan berwawasan lingkungan, para lulusan mampu melanjutkan pendidikan ke sekolah yang favorit.

”Kita menuntun dan mendorong siswa untuk disiplin, jujur dan bertanggungjawab untuk menentukan dasar masa depannya,”kata Suster Monika.

Dijelaskan Suster Monika, pihak sekolah selalu mendorong serta membantu anak didik untuk aktif menggali dan mengembangkan potensi diri, dengan memberikan kesempatan mengikuti kompetisi baik di tingkat lokal, daerah maupun nasional.

“Terbukti banyak diantara mereka yang menorehkan prestasi di berbagai bidang dan tingkatan. Itu sangat membanggakan kita semua, serta memotivasi untuk terus berusaha menjadi yang terbaik,”katanya.

Para pelajar, lanjut Suster Monika, selalu ditanamkan untuk mencintai dan menjaga lingkungan serta menjalin silaturahmi. Direncanakan para alumni SMP Swasta Bintang Timur akan menggelar reuni akbar yang akan digelar 28 Desember mendatang. (esa/ms)