Prajurit Korem 022/PT Aksi Donor Darah, Gugah Masyarakat untuk Peduli Sesama

Danrem Kolonel Arm Khoirul Hadi dan Kepala UTD PMI Cabang Pematangsiantar dr Abadi Sinaga saat donor darah di Pelataran Parkir Ramayana Pematangsiantar, Rabu (6/12).
EdiSaragih/MetroSiantar
Danrem Kolonel Arm Khoirul Hadi dan Kepala UTD PMI Cabang Pematangsiantar dr Abadi Sinaga saat donor darah di Pelataran Parkir Ramayana Pematangsiantar, Rabu (6/12).

MetroSiantar.com-Kepedulian Korem 022/Pantai Timur kepada masyarakat Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun tidak pernah berhenti, terutama dalam berbagai kegiatan sosial di masyarakat.

Seperti yang terlihat beberapa hari belakangan secara berturut-turut. Prajurit se-jajaran Korem 022/PT mengadakan bakti sosial yang melibatkan semua perwira, termasuk Danrem Kolonel Arm Khoirul Hadi.

Kegiatan yang teranyar, Rabu (6/12), dilakukan adalah donor darah dan karya bhakti.

Menurut Kolonel Arm Khoirul Hadi, kegiatan donor darah tersebut rutin diadakan setiap tahun dalam menyambut Hari Juang Kartika.

Diharapkan dengan kegiatan donor darah tersebut, bisa mengurangi beban PMI Kota Pematangsiantar dalam menyediakan darah bagi warga. Karena setetes darah bisa menyelamatkan nyawa manusia.

Selain itu menurut Danrem, kegiatan donor darah ini juga bisa semakin mendekatkan diri antara TNI dengan masyarakat dan instansi lainnya.

Kegiatan tersebut diakuinya bertujuan memberikan kontribusi dan membantu mereka yang membutuhkan darah pada saat emergency datang, Ia berharap instansi lain juga bisa berkontribusi terhadap visi kemanusiaan. Mudah-mudahan donor darah yang dilakukan oleh Korem 022/PT ini bisa memotivasi instansi yang lain untuk mengikuti kegiatan serupa dan juga dapat menggugah rasa sosial kemanusiaan masyarakat untuk peduli terhadap sesama.

Lanjut Danrem, manfaat donor darah bukan hanya pada penerima donor saja, tetapi pendonor juga memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, banyak orang yang selalu rutin mendonorkan darahnya demi menolong orang dan mendapatkan manfaat yang diperoleh.

Manfaat mendonorkan darah untuk kesehatan sangat banyak, terutama jika mendonorkan darah secara rutin dan berkala.

“Sedangkan manfaat donor darah bagi kesehatan antara lain, untuk menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, memperbarui sel darah baru, mencegah risiko terkena penyakit langka, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran menjadi lebih stabil dan menurunkan kolesterol,” ungkap Danrem.

Dalam kegiatan sosial itu, personel Korem 022/PT terlihat sangat antusias. Hal ini dibuktikan dari banyaknya prajurit Korem 022/PT yang mendaftarkan diri ke petugas PMI Kota Pematangsiantar dan Tim Medis Rumah Sakit Tentara (RST).
Kegiatan donor darah dipusatkan di Ramayana Pematangsiantar yang dipimpin langsung Danrem, dihadiri para Kasi Korem 022/PT, Kasdim 0207/Simalungun, Para Pasi Dim 0207/Simalungun, para Danramil, Camat Siantar Timur dan Manajer PT Ramayana.

Sementara Kepala Unit Teknis Donor Palang Merah Indonesia Cabang Pematangsiantar. Dr Abadi Sinaga menyampaikan apresiasi kepada jajaran TNI yang rutin melakukan kegiatan donor darah. Donor ini sangat membantu PMI memenuhi kebutuhan darah untuk donor bagi pasien di Siantar-Simalungun.

“Tiap bulan rata-rata kebutuahan mencapai 650 kantong. Kami sangat berharap donor rutin menjadi gaya hidup masyarakat, demi kualitas kesehatan dan wujud kepedulian kepada sesama,”kata dr Abadi.(esa/rel)