Dijadwalkan Dilantik Hari Ini… Togar: Sudah Lama Kita Tunggu

MetroSiantar.com – Penantian panjang pelantikan Togar Sitorus SE MM menjadi Wakil Walikota Pematangsiantar terjawab sudah. Dijadwalkan hari ini, Jumat (12/1), akan dilaksanakan pengambilan sumpah di kantor Gubernur Sumatera Utara di Medan yang dipimpin langsung Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi.

Rencana pelantikan ini dibenarkan Togar Sitorus sendiri. Ketua DPC Partai Demokrat Kota Siantar ini mengakui, mendapatkan kabar jadwal pelantikan ini secara mendadak. Dibalik itu dirinya mengaku bersyukur karena kegiatan bersejarah baginya itu sudah ditunggu-tunggu sekitar dua bulan yaitu sejak dikeluarkan Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Desember 2017 lalu.

“Kalau waktunya saya belum tahu pasti tetapi yang biasanya itu Pukul 9.00 WIB atau jam 14.00 WIB. Kemungkinan itu di jam 2 usai sholat. Ini pun secara mendadaknya. Dan kita sedang siap-siap. Kita sangat bersyukur karena ini sudah lama kita tunggu-tunggu” katanya, Kamis (11/1).

Togar Sitorus mengatakan, sudah siap untuk melaksanakan tugas menjalankan roda pemerintahan dan begitu resmi menjadi Wakil Walikota Pematangsiantar. Hal pertama yang dilakukannya adalah berkoordinasi dengan Walikota Pematangsiantar Hefriansyah SE MM.

“Mengenai tugas-tugas yang akan saya kerjakan nanti akan saya koordinasikan dengan Walikota,” ucapnya.

Togar berjanji dalam menjalankan tuga, dirinya bersama Walikota tidak hanya milik masyarakat yang memilih mereka tetapi untuk semua warga Kota Pematangsiantar. Menurutnya, tidak mungkin Hefriansyah dapat bekerja sendiri. Oleh karean itu, Togar selaku Wakil Walikota, mengaku nantinya akan segera membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan dilandasi hubungan yang harmonis.

Togar juga mengatakan siap membantu Hefriansyah menyambut pembangunan destinasi wisata di kawasan Danau Toba dengan menjadikan momentumn tersebut meningkatkan pembangunan Kota Pematangsiantar.

“Saya siap memberikan saran dan pertimbangan kepada Walikota dan akan menjaga hubungan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku sampai habis masa jabatan. Silaturhmi harus tetap kita jalin dengan baik sebagai eksekutif, legislatif dan yudikatif,” katanya.

Untuk diketahui, proses pemilihan Wakil Walikota ini dilaksanakan DPRD setelah Calon Walikota Siantar Hulman Sitorus yang berpasangan dengan wakil walikota Hefriansyah, meninggal dunia. Dimana sebelumnya almarhum yang berpasangan Hefriansyah meraih suara terbanyak, mengalahkan tiga pasangan calon walikota dan wakil walikota lainnya. Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, maka yang menggantikannya posisi calon Walikota adalah Wakilnya yaitu Hefriansyah.

Sedangkan jabatan yang ditinggalkan Hefriansyah digantikan orang lain dalam hal ini Togar Sitorus sebagai mana usulan dari partai pengusung pemenang yaitu Demokrat kepada Walikota, dilanjutkan kepada DPRD dan kemudian ditentukan lewat pemilihan suara terbanyak.

Sebelumnya, nama Togar Sitorus ditetapkan DPRD Kota Pematangsaintar menjadi Wakil Walikota Pematangsiantar mendampingi Hefriansyah lewat sidang paripurna istimewa. Togar Sitorus meraih suara sebanyak 29 orang atau total dari seluruh jumlah DPRD.

Sementara Kabag Humas Pemko Siantar Gilbert Ambarita mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait rencanakan pelantikan wakil walikota Siantar di kantor gubernur.

“Rencananya dilantik besok Pukul 09.00 WIB,” kata Gilbert. (pam/esa)