JR Saragih: Warga Simalungun Jangan Mau Terpecah

Ketua DPP PMS JR Saragih saat memberikan sambutan di acara patappei sihilap pengurus DPC PMS Banten.
Ketua DPP PMS JR Saragih saat memberikan sambutan di acara patappei sihilap pengurus DPC PMS Banten.

MetroSiantar.com-Mau tidak mau atau suka tidak suka, manusia berencana namun Tuhan yang menentukan. Hanya orang jujur yang bisa jadi orang Simalungun.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pengurus Pusat Partuha Maujana Simalungun (DPP-PMS) JR Saragih saat acara Patappei Sihilap DPC-PMS Banten di Aula Yonif 203 Tangerang, Banten, Sabtu (18/3).

JR mengatakan, orang Simalungun dikenal sebagai orang yang rendah hati dan memiliki prinsip Sapangambei Manoktok Hitei yang dapat membangkitkan budaya Simalungun.

JR Saragih juga mengajak warga Simalungun untuk bersemangat dan bangkit. Dia mencontohkan dirinya yang berasal dari warga miskin, akan tetapi dapat bangkit dan bisa menjadi Bupati.

“Saya menjadi Bupati karena doa warga Simalungun. Awal kiprah saya mengabdi bagi Simalungun diawali dengan menjadi Ketua PMS DKI Jakarta,” jelasnya.

JR berpesan agar Simalungun jangan mau terpecah-pecah. “Marilah kita menjadi pihak yang mempersatukan, bukan memecah-mecah. Simalungun jangan mau dipecah,” ujarnya.

Menurutnya, dukungan dari PMS Banten kepada dirinya menuju ‘Sumut Satu’ adalah sebuah dorongan moril dan penambah semangat. “Saya hanyalah pelayan dan saya juga senantiasa akan memperbaiki diri. Saya berterima kasih atas dukungan dan semangat dari PMS Banten yang sudah mendukung saya menjadi Gubsu.”

Untuk itu ia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pengurus PMS yang baru dilantik. Ia berharap para pengurus bisa bekerja dengan serius dan memberdayakan budaya Simalungun.

Sementara itu Ketua PMS Banten Maruli Girsang mengatakan bahwa PMS Banten sudah membuat ikrar untuk mendukung Semangat Baru Sumut dan mendukung sepenuhnya pencalonan DR JR Saragih SH MM pada Pilgubsu 2018.

Pernyataan Maruli tersebut pun disambut meriah dan tepuk tangan seribuan masyarakat Simalungun yang hadir di sana. Bungaran Saragih, Ketua MHN mengungkapkan, orang Simalungun di manapun berada hendaknya tidak meninggalkan budayanya.

“Bagi orang Simalungun yang tinggal di Banten, jadilah warga Banten yang baik. Karena prinsip kita adalah, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Namun jangan meninggalkan adat dan tradisi Simalungun,” ujarnya.

Sebelumnya rangkaian acara Pattappei Sihilap PMS dibuka dengan tarian tortor sombah. Hadir pada acara tersebut, Bupati Tangerang diwakili Kadis Infokom Soman Atmaja, Ketua DPRD Simalungun dan 30 anggota DPRD Simalungun, SKPD Simalungun dan sekira 1.500 warga Simalungun di Banten.(rel/ms)