Resmikan GKPS Kerpanus Purba, Ini Pesan JR Saragih

Bupati JR Saragih menghadiri peresmian sekaligus ulang tahun ke-27 GKPS Kerpanius Purba di Kelurahan Baringin, Pematang Raya, Simalungun, Minggu (16/4).
Tonggo Sibarani/Metro Siantar
Bupati JR Saragih menghadiri peresmian sekaligus ulang tahun ke-27 GKPS Kerpanius Purba di Kelurahan Baringin, Pematang Raya, Simalungun, Minggu (16/4).

MetroSiantar.com, SIMALUNGUN – Bentuk kepedulian Bupati Simalungun JR Saragih terhadap tempat ibadah semakin terlihat. Sasarannya kali ini adalah tempat ibadah di Kelurahan Baringin, Pematang Raya, Simalungun.

Kehadiran Bupati Simalungun JR Saragih di Gereja GKPS Kerpanus Purba, selain menghadiri ulang tahun ke-27 GKPS tersebut, juga sebagai bentuk dukungan dalam membangun tempat ibadah di Simalungun.

Bahkan, JR Saragih juga diberikan hio, yakni kain ulos khas Simalungun sebagai tanda terima kasih atas kehadiran orang nomor satu di Kabupetan Simalungun itu.

“Kehadiran saya di hari Paskah ini adalah untuk melihat kebesaran oppung Kerpanus Purba melalui gereja GKPS Kerpanus Purba yang dibangun olehnya dalam melayani hingga menyebarluaskan ajaran agama Nasrani di Simalungun ini, khususnya di Kelurahan Baringin,” ucapnya di GKPS Kerpanus Purba, Kelurahan Baringin, Pematang Raya, Minggu (16/4).Selain itu, JR juga mengharapkan generasi muda untuk membangkitkan daerah tanah kelahirannya agar menjadi terang dan garam.

“Kita harus melanjutkan kebesaran melalui pendidikan untuk memberikan nama besar Simalungun,” tambahnya.
Tak itu saja, JR Saragih juga membantu Rp25 juta untuk renovasi GKPS Kerpanus Purba. JR juga berjanji akan membenahi jalan yang ada di Kelurahan Baringin, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

“Kita juga akan membangun sarana air bersih di sini selain jalan, sehingga pertumbuhan perekonomian masyarakat di sini juga akan bertumbuh baik,” lanjutnya.

Melihat hal ini, Amir Saragih selaku tokoh masyarakat mengutarakan, selama puluhan tahun, baru di kepemimpinan JR Saragih ada bupati yang datang melihat kondisi GKPS Kerpanus Purba.

Hal serupa juga diucapkan Ephorus GKPS Pendeta Rumanja Purba. Di mana, pihaknya berterima kasih kepada JR Saragih yang mau meluangkan waktu untuk hadir serta menjadikan GKPS Kerpanus Purba untuk menjadi bagian dari masyarakat, bukan hanya di Simalungun, melainkan di Sumatera Utara.

“Dengan slogan ‘Semangat Baru Sumatera Utara’ di masa kepemimpinan JR Saragih jugalah nama jalan di Kelurahan Baringin Raya diberikan. Yakni Jalan Pdt Kerpanus Purba. Semoga jalan ini menjadi jalan lingkar luar menuju Siantar vis Simpang Sigodang,” tukasnya. (osi/hez/ms)