Kurangi Pengangguran dengan Budidaya Ikan Air Tawar

Ilustrasi kolam ikan
Ilustrasi kolam ikan

MetroSiantar.com,SIMALUNGUN – Membangun dunia usaha atau bisnis sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Seiring dengan itu, jumlah pengangguran pastinya akan menurun.

Hal ini ditegaskan Risman Sutrisno Manik perwakilan Kementerian Tenaga Kerja saat acara pelatihan wirausaha pengembangan usaha ikan air tawar di Aula Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nagori Wonorejo, Kecamatan Pematang Bandar, Senin (17/4). Pelatihan yang digagasi Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor ini disambut antusias masyarakat yang hendak menambah pengetahuan dan keterampilan dalam dunia usaha.

Pada kesempatan itu, perwakilan Kementerian Tenaga Kerja ini mengharapkan agar pelatihan yang dilaksanakan sejak tanggal 17- 19 April ini benar-benar diikuti para peserta, sehingga dapat diterapkan di lapangan. “Semoga usaha ini nantinya dapat dikembangkan untuk kemajuan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran,” pesan Risman Sutrisno Manik.

Dalam acara tersebut tampak peserta pelatihan sebanyak seratusan orang yang terdiri masyarakat setempat dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor dan anggotanya se- Kabupaten Simalungun. Selain itu, antusias peserta juga membuat suasana pelatihan semakin semarak dengan mengenakan baju seragam yang diberikan Kemnaker selama mengikuti pelatihan tersebut.

Acara pelatihan dihadiri Camat Pematang Bandar Juraini Purba, Perwakilan Kemnaker RI Risman Sutrisno Manik MA.MSi, Pimpinan Pusat bidang pertanian dan pertahanan pangan GP Ansor Ade Musa Said MA, Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor EL Suhaimi, Ketua DPD GP Ansor Simalungun Agus Susanto, Pangulu Nagori Wonorejo Sukisno, tokoh agama Timbul Pasaribu, serta PAC GP Ansor kecamatan se-Kabupaten Simalungun.