Korban Langsung di Evakuasi

Para korban diduga keracunan
Para korban diduga keracunan

MetroSiantar.com – SIMALUNGUNHingga kini, petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun masih melakukan pemeriksaan terhadap penyebab keracunan massal yang dialami warga Huta Manik Huluan, Nagori Sait Buttu Saribu, Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Namun sekira pukul 17.00 WIB kemarin, Bupati Simalungun JR Saragih langsung datang menumpang helikopter ke lokasi untuk melihat korban keracunan.

“Saya tadi masih di Jakarta. Tetapi saya mendengar berita ini dan langsung datang ke sini. Seluruh korban keracunan masih ditangani oleh tim dari Dinas Kesehatan. Sejauh ini ada 100 orang lebih yang menderita keracunan dan penyebabnya belum diketahui,” jelas JR Saragih.

Saat memantau para korban di Sekolah Dasar Negeri 096770, JR Saragih sempat geram. Terlebih ketika melihat beberapa pasien yang kondisinya lumayan parah tidak dibawa ke rumah sakit.

“Yang kondisinya parah segera bawa ke rumah sakit. Dan yang bisa ditangani bawa ke puskesmas terdekat, yakni Puskesmas Pematang Sidamanik,” lanjutnya.

Seperti diketahui, akibat jalan yang ada di Pamatang Sidamanik putus karena longsor beberapa waktu lalu, membuat para korban keracunan itu harus dibawa ke Tobasari menumpang ambulance. Namun ada juga yang langsung dilarikan ke Rumah Sakit Tentara Pematangsiantar serta Rumah Sakit Tuan Rondahaim.