Irigasi Somba Huta Jebol

Ilustrasi Irigasi jebol

MetroSiantar.com,JAWA MARAJA- Dihantam air banjir yang meluap dari kebun Afd VII PTPN IV Bah Jambi, tembok saluran irigasi di Huta Somba Huta, Nagori Tanjung Maraja, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi jebol pada Kamis ( 11/5) malam.

Akibatnya seluas 1.300 hektare areal persawahan yang saat ini tanaman padinya sebulan lagi memasuki masa panen mengalami kekeringan. Untuk mengantisipasi kondisi yang lebih buruk, Senin (15/5) siang, ratusan petani dari Nagori Tanjung Maraja dan Nagori Jawa Maraja melakukan gotong royong menimbun tanah yang logsor.

Pangulu Jawa Maraja Dirman Samosir ketika dikonfirmasi mengatakan, saluran irigasi di kawasan Huta Somba Huta memang rawan longsor. Hal ini sudah sering terjadi, luapan air dari kawasan kebun Afd VII PTPN IV Bah Jambi cukup deras ketika mendekati saluran irigasi. Tembok irigasi tak mampu menahan tendangan air dari kawasan kebun sawit hingga akhirnya menjebol tembok irigasi.

Sebelumnya, pernah dilakukan upaya merubah arah arus air dari kawasan kebun sawit . Sebuah alat berat digunakan untuk membantu pekerjaan tersebut. Kemudian, 10 buah lori besi bantuan dari pihak manajemen PTPN IV Bah Jambi untuk menutupi dinding irigasi yang jebol.