Prioritas Dana Desa Tahap I Nagori Palia Naopat, Buka Jalan dan Bangun Jembatan

Warga sedang bergotong royong membangun jalan desa. Sementara di Nagori Palia Naopat, jalan pertanian yang menghubungkan dua dusun akan segera dibangun.
Firma/MetroSiantar
Warga sedang bergotong royong membangun jalan desa. Sementara di Nagori Palia Naopat, jalan pertanian yang menghubungkan dua dusun akan segera dibangun.

MetroSiantar.com-Pembangunan jembatan serta pembukaan jalan pertanian sekaligus penghubung antar dusun merupakan prioritas kegiatan pelaksanaan yang bersumber dari dana desa tahap I tahun 2017.

Hal itu dikatakan Pangulu Nagori Palia Naopat Parlindungan Butarbutar, Rabu (9/8).

Dia menyebutkan, pembukaan jalan pertanian sepanjang 150 meter serta pembangunan jembatan sepanjang 12 meter di nagori itu, nantinya akan menghubungkan Dusun Lontung yang dihuni 70 Kepala Keluarga (KK) dan Dusun Huta Gareja yang dihuni 40 KK.

“Dengan terhubungnya nanti dua dusun ini, bisa memudahkan warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari, terutama memasarkan hasil pertanian. Selama ini memang jalan tersebut dilalui warga karena terpaksa, meski sangat berbahaya karena kondisi medannya. Namun begitu, tidak ada akses jalan lainnya,” jelasnya.

Parlindungan menambahkan, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan hasil musyawarah dengan warga dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Pembangunan jalan dan jembatan itu memiliki pagu Rp340 juta sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dana desa tahap I 2017.

“Jika pembangunan itu sudah terealisasi, maka warga setempat akan lebih mudah melakukan aktivitas, terutama dalam mengangkut hasil pertanian,” tambahnya.

Sebab di nagori itu, mayoritas warga adalah petani yang mengolah kurang lebih 80 hektare lahan yang ditanami padi sawah dan darat.

“Kita prioritaskan setiap pembangunan harus mempunyai dampak yang baik bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

Sementara salah seorang warga Dusun Lontung, A Situmorang mengatakan, sudah seharusnya masyarakat berterimakasih kepada pemerintah atas bantuan yang telah diberikan ke setiap desa.

“Dengan adanya bantuan tersebut, maka pembangunan di setiap nagori menjadi nyata. Kami mengharapkan pembangunan segera terealisasi,” ujarnya.(fis/hez)