21 Oktober, 76 Nagori Gelar Pemilihan Pangulu Nagori

18052016-031-pangulu

MetroSiantar.com-Pemerintah Kabupaten Simalungun akan menggelar pesta demokrasi pemilihan pengulu nagori (Pilpanag) serentak tahap II yang dijadwalkan pada 21 Oktober 2017 mendatang.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan pemilihan pengulu tersebut, Pemkab Simalungun mengadakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pemilihan pangulu serentak tahun 2017 di gedung auditorium T Johan Garingging Simalungun City Hotel, Pamatang Raya. Rabu (11/10).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi dan dihadiri oleh Kapolres Simalungun diwakili Kabag Ops Kompol B Simarmata, Dandim 0207 Simalungun diwakili Pasi Ops Kapten Inf M Saragih, Kajari Simalungun diwakili Kasi Intel R Sihombing, para panitia pelaksanaan pemilihan pangulu dan para calon pengulu yang telah ditetapkan oleh panitia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (Desa) Lurinim Purba SSos MSi dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan pangulu secara serentak akan dilaksanakan di 76 nagori yang berada di 28 Kecamatan dengan peserta calon pangulu sebanyak 246 orang.

Mengingat pelaksanaan pemilihan tidak lama lagi, Lurinim meminta kepada para panitia pelaksana pemilihan pangulu agar lebih meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tahapan pemilihan hingga pemungutan suara.

Sementara Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga dalam sambutannya mengatakan, pemilihan pangulu adalah untuk memilih pemimpin masyarakat nagori yang terbaik dari yang baik dan bukan menimbulkan pertikaian di tengah-tengah masyarakat. Oleh karenanya hal itu harus menjadi tanggungjawab bersama termasuk para calon pangulu.

“Tujuan dilaksanakan rapat koordinasi ini, agar memiliki visi dan misi sama, dan terkait dengan pemilihan pangulu serentak diharapkan bisa berjalan secara kondusif,”kata Amran Sinaga.

Kepada para penyelenggara pemilihan, Wakil Bupati meminta untuk mempedomani dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Laksanakan tahapan pemilihan hingga pemungutan suara.

Disamping itu, Wakil Bupati juga mengharapkan kepada para camat untuk tetap berkoordinasi dengan Uspika dalam melaksanakan pembinaan kepada masyarakat.

“Laksanakan kunjungan ke nagori guna memberikan rasa aman dan kondusif di Kabupaten Simalungun. Semoga dengan pelaksanaan pengulu serentak dapat memberikan semangat baru bagi kita dalam membangunan Kabupaten Simalungun di masa yang akan datang,”ujarnya.

Menurut Amran, sukses tidaknya pemilihan tersebut, tergantung kepada panitia pemilihan.Maka kepada panitia agar bekerja mempedomani peraturan yang ada. Laksanakan tugas sebagai panitia dengan mempedomani aturan main dan bersikap netral.

Sementara Kabag Ops Kompol Bonggas Simarmata mengatakan, pihak Polres Simalungun akan menurunkan personil sebanyal 256 orang demi mengamankan pemilihan pangulu.

“Mari bersama menjauhi konflik dan jangan melakukan kampanye hitam,”katanya.(son/esa/ms)