Sejahterakan Masyarakat Lewat BUMDes

Suasana musyawarah rencana pembentukan BUMDes di Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Jorlang Hataran, Simalungun, Selasa (10/10) lalu.
FirmaSimbolon/MetroSiantar
Suasana musyawarah rencana pembentukan BUMDes di Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Jorlang Hataran, Simalungun, Selasa (10/10) lalu.

MetroSiantar.com-Pangulu Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Jorlang Hataran, Simalungun, Bernard Sihombing beserta seluruh perangkat desa mengadakan musyawarah dengan warga serta tokoh masyarakat setempat, terkait rencana pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada tahun 2018 mendatang.

Kegiatan berlangsung pada Selasa (10/10).

Pada kesempatan tersebut Bernard menyampaikan kepada warga bahwa program pemerintah lewat bantuan dana desa yang dikucurkan setiap tahun bertujuan untuk membangun desa serta menciptakan desa mandiri, dimana desa pada akhirnya tidak bergantung pada bantuan pemerintah.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu program unggulan pemerintah adalah dengan dibentuknya BUMDes di setiap desa dengan memanfaatkan sumber bantuan dana desa tersebut,” jelasnya.

Disebutkan, tujuan utama didirikannya BUMDes adalah untuk mensejahteraktakan masyarakat setempat, jika dikelola dengan baik. Karena tanpa peran serta masyarakat secara langsung, BUMDes juga tidak akan dapat berjalan dengan baik.

“Untuk itu kami sampaikan lewat musyawarah ini, agar kita sama-sama mengerti akan tujuan dan manfaat dengan adanya BUMDes,” tambah Bernard.

Tokoh masyarakat setempat, Besman Simanjuntak menyambut baik rencana pembentukan BUMDes tersebut.

Menurutnya, rencana itu sangat baik dan seharusnya dapat dukungan penuh dari masyarakat. Dengan adanya BUMDes dan melibatkan masyarakat secara langsung, maka warga juga yang akan merasakan manfaatnya.

“Program yang direncanakan pangulu serta perangkat nagori itu sangat bagus karena memanfaatkan dana bantuan pemerintah dan kita harapkan rencana tersebut terealisasi tahun depan, dengan dukungan masyarakat,” tukasnya.

Hal senada disampaikan salah seorang warga, Martin Marpaung. Dia mengungkapkan, dengan adanya sosialisasi BUMDes yang dilakukan tersebut, warga dapat memahami tujuan dan manfaat BUMDes.

“Dan saya selaku warga menyambut baik rencana ini. Jika itu untuk kepentingan masyarakat, kita harus dukung demi kemajuan Nagori Dolok Marlawan kedepan,” tandasnya.(fis/hez/ms)