Babinsa Koramil 17 Sidamanik Dampingi Kelompok Tani Ikuti Rembug Kopi Nusantara

Babinsa Koramil 17 Sidamanik Serma Rumadi foto bersama anggota Kelompok Tani Namanis.
Babinsa Koramil 17 Sidamanik Serma Rumadi foto bersama anggota Kelompok Tani Namanis.

MetroSiantar.com-Acara Rembug Kopi Nusantara yang dilaksanakan mulai tanggal 11- 13 Oktober diadakan di Gedung Smesco Jakarta Selatan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Turut hadir di acara itu mewakili Kabupaten Simalungun, yakni dari Kelompok Tani Namanis, Dusun Sinaman II, Nagori Pamatang Sidamanik yang telah berhasil membuat home industry Kopi Sabas, diketuai Ludiantoni Damanik.

Sementara Babinsa pendamping dari Koramil 17 Sidamanik, yaitu Serma Rumadi juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dihubungi lewat telepon seluloernya, ,Rabu (11/10), Serma Rumadi memotivasi petani agar tetap semangat dan terus berinovasi. Seperti yang sudah dilakukan Kelompok Tani Namanis.

Dia menjelaskan, seperti yang dikatakan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Puspayoga saat membuka Rembug Kopi Nusantara itu, petani kopi Indonesia dapat bersaing dengan Negara-negara penghasil kopi di dunia. Sehingga dirasa perlu memperkenalkan beragam jenis kopi dari Indonesia.

Sementara Ludiantoni Damanik mengungkapkan, dari home industry yang digagasinya, ia berhasil membuat kokpi merk Kopi Sabas. Kopi itu dari jenis arabika.

Ia pun berharap pemerintah, khususnya Pemkab Simalungun yang sudah banyak membantu kelompoknya, termasuk kepada Wakijan sebagai PPL, agar dapat lebih memerhatikan petani kopi serta mengontrol harga pemasaran kopi petani supaya lebih menguntungkan. (raw/hez/ms)