Baru Dua Minggu Diperbaiki, Jalan Provinsi Raya Kahean-Sondi Raya Rusak

Pekerja sedang mengumpulkan material di jalan yang rusak untuk dipindahkan ke lokasi lain.
HermanSidabutar/MetroSiantar
Pekerja sedang mengumpulkan material di jalan yang rusak untuk dipindahkan ke lokasi lain.

MetroSiantar.com-Pengaspalan jalan provinsi  yang menghubungkan Kecamatan Raya Kahean-Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya diduga dikerjakan asal jadi. Perbaikan yang menurut informasi dilaksanakan secara swakelola oleh Dinas PU Provinsi Sumatera Utara ini kualitasnya sangat rendah. Terbukti, baru dua minggu setelah ‘ditambal’ jalan sudah rusak kembali.

Anehnya, material jalan yang rusak berserakan karena dihantam air, dikumpulkan kembali oleh beberapa pekerja dan digunakan untuk memperbaiki titik jalan lain yang juga rusak.

Ketika ditanyakan terkait material di jalan yang sudah rusak padahal baru diperbaiki, seorang pria yang mengaku mandor para pekerja, dengan nada marah mengatakan, dari pada berserakan lebih baik digunakan ke tempat lain.

”Lagian itukan sudah di foto sesudah siap dikerjakan,”kata pria yang mengaku mandor perbaikan jalan tersebut.

Sementara Jeka Saragih, warga Bah Pasussang, Kecamatan Raya Kahean, mengaku sangat kecewa dengan kinerja perbaikan jalan tersebut. Soalnya warga sudah lama mengeluh karena jalan rusak yang menyebabkan akses terganggu dan bahkan sering membahayakan keselamatan pengguna jalan.

“Kita senang ada perbaikan. Tapi jangan asal-asalan. Perbaikan harus benar-benar bermanfaat dalam jangka lama kepada masyarakat,”kata J Saragih, orangtua juara MMA asal Bah Pasussang, Jeka Saragih.

Saragih berharap, Anggota DPRD asal Simalungun di Provinsi Sumatera Utara melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan proyek pembangunan jalan di Simalungun.

“Jalan ini sangat penting bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Semakin bagus jalannya, akan semakin besar peluang untuk meningkatkan taraf hidup,”katanya. (her/syaf/ms)