Penambang Batu Temukan Mortir Mariam

Penambang batu menunjukkan mortir mariam yang ditemukannya.
Penambang batu menunjukkan mortir mariam yang ditemukannya.

MetroSiantar.com-Kali kedua di sekitaran lokasi yang serupa, warga kembali menemukan benda yang diketahui jenis mortir peninggalan sisa jaman perang di aliran sungai, persis di bawah jembatan Sihitang, Kota Padangsidimpuan.

Informasi yang didapat, mortir atau amunisi untuk senjata meriam ini ditemukan pertama kali oleh M Ali Napiah (41) warga Jalan Imam Bonjol Lingkungan I Padangmatinggi, Senin (18/9).

Saat itu, pria yang sehari-hari bekerja sebagai penambang batu ini sedang mengumpulkan batu di seputaran aliran sungai yang berada di bawah Jembatan Sihitang Kota Padangsidimpuan.

Rupanya, saat ia melempar batu yang diambilnya dari dalam sungai, Ali menemukan benda keras yang diduganya mortir atau senjata peninggalan sisa-sisa jaman perang dulu.

Karena hari sudah sore, dan bingung mau melapor kemana, Ali menitipkan benda itu ke sebuah warung milik warga. Dan keesokan harinya, baru dilaporkan.
Kebetulan, Ali bertemu dengan petugas TNI dari Kodim 0212/TS dan melaporkan tentang benda yang ditemukannya. Selanjutnya, petugas merespon laporannya dan melihat benda keras yang diketahui sebuah mortir peninggalan masa perang jaman dahulu dan digunakan untuk amunisi senjata meriam kaliber 105 milimeter. Selanjutnya menyerahkannya.

“Iya benar, masih kita selidiki dan sudah kita amankan,” kata Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari, Selasa (19/9). (yza/ms)