Danau Toba Tidak Biru Lagi

Alfredo Sihombing/New Tapanuli
Alfredo Sihombing/New Tapanuli
Dipandang dari Desa Hutalontung, Danau Toba di wilayah Kecamatan Muara tampak berwarna hijau dan berwarna kehitaman.

MetroSiantar.com, TAPUT –  Terkait matinya ribuan ikan di Danau Toba wilayah Huta Lontung, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara (Taput), membujat perubahan warna air danau. Danau Toba tidak biru lagi, tapi sudah berwarna hijau dan kehitaman. Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dan Perikanan Taput pun menyurati Dinas Perikanan Pemprovsu untuk melakukan penelitian.

Kepala Dinas Ketapang dan Perikanan Longgos Pandiangan mengatakan, Danau Toba di wilayah Kecamatan Muara tidak berwarna biru seperti biasa, dimungkinkan karena pengaruh ikan mati.

“Air Danau Toba tampak surut. Dan, diduga karena kekurangan oksigen, ikan jadi mati dan warna air jadi kehijauan dan hitam. Ikan-ikan juga banyak mendekat ke pinggir danau untuk menghindari air Danau Toba yang kehitaman itu. Mungkin ikan ke pinggiran untuk mencari oksigen,” terang Longgos di kantornya, Selasa (10/1).

“Kita mengirim surat ke Pemprovsu untuk turun ke Taput melakukan penelitian. Kita sudah berkoordinasi langsung. Karena cek alat laboratorium kita belum memadai, maka kita menyurati Pemprovsu,” ujarnya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provsu Joni Waldi SSos yang dihubungi Kabid Perikanan Taput Sahat Silalahi di hadapan wartawan membenarkan bahwa ikan mati di Danau Toba karena kekurangan oksigen. Dia berjanji akan turun langsung ke Taput untuk melakukan penelitian.

loading...