Atlet Wing Chun Siantar Ikut Kejuaraan di Bali! Tetap Ukir Prestasi

Pengurus dan atlet wing chun foto bersama usai audiensi dengan Walikota Pematangsiantar.
Pengurus dan atlet wing chun foto bersama usai audiensi dengan Walikota Pematangsiantar.

MetroSiantar.com-Walikota Pematangsiantar Hefriansyah mensupport peningkatan prestasi olahraga. Ia juga mengharapkan para penggiat olahraga, khususnya atlet, terus membawa harum nama Kota Siantar.

Hal itu disampaikannya saat menerima kedatangan jajaran pengurus olahraga beladiri wing chun yang beraudiensi di ruang kerjanya, Senin (13/11) lalu. Audiensi kontingen Sumatera Utara (Sumut) tersebut berkaitan pertandingan Kejuaraan Nasional Wing Chun Indonesia yang akan dilaksanakan pada 16-19 November 2017 di Denpasar, Bali.

Audiensi tersebut dipimpin langsung pembina Wing Chun Sumut Drg Rumondang Sinaga MARS didampingi Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Wing Chun Sumut Yeyen Sitohang SH, Sektretaris DPD Heru Sitepu SE, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kabupaten Simalungun Hotmauli Manurung SPd dan Ketua DPC Pematangsiantar Torop Sihombing.

Selain itu, turut juga ikut beraudiensi para atlet yang berasal tiga daerah. Antara lain atlet dari Pematangsiantar, yaitu Betri Manalu, Kristian Simbolon, Soritua Panjaitan, Gilbran Sitepu. Kemudian ada atlet wing chun asal Simalungun, Muhammad Ilham, Martua Simanjuntak, Putra Siallagan, Tiarah Butar-butar. Sedangkan atlet Toba Samosir masing-masing, Imel Marpaung, Tesalonika, Hagai Situmorang, Krisna Pardede, Jon Hendrik Ginting, Rikky Simangunsong. Ada juga tim medis yaitu Damen dan Siva Mute.

Kepada mereka, walikota meminta agar tim yang berangkat menjaga kesehatan, dan dipesankan untuk bertanding secara sportif. Hefrinsyah juga mengharapkan para atlet mampu meraih prestasi yang baik, sehingga nama Sumut, khususnya nama Kota Pematangsiantar harum di mata dunia. “Kita tentu menginginkan supaya keberadaan wing chun jangan sia-sia. Apalagi pusat wing chun Sumut itu ada di Pematangsiantar. Kita bangga anak-anak Siantar membuat pemberitaan positif untuk kota ini lewat prestasi yang terus diukir,” ucapnya.

Apa disampaikan walikota itu disambut baik rombongan wing chun yang datang. Mereka menyatakan akan melakukan hal terbaik untuk mendapatkan kemenangan yang membanggakan. Apalagi, pertandingan ini merupakan awal untuk meraih pretasi di tingkat internasional.

“Kita juga berharap semoga atlet yang diberangkatkan nanti meraih pretasi terbaik, bahkan mampu lolos untuk mengikuti kejuaraan dunia yang akan digelar bulan Oktober 2018 di Hongkong,” kata pembina Wing chun Sumut Drg Rumonda Sinaga MARS.

Disamping itu, para pengurus dan atlet wing chun juga memohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Sumatera Utara. “Kami kontingen Sumut menyampaikan rasa terimakasih kepada walikota atas dukungannya yang telah bersedia memfasilitasi kami dengan memberikan bantuan berupa biaya transportasi. Dukungan yang ada dari berbagai pihak juga kita sangat berterimakasih,” katanya.

Sementara itu, Yeyen Sitohang bersama pengurus wing chun lainnya berharap agar kedepannya pemerintah kota dapat lebih mendukung perkembangan pretasi wing chun di Sumut, khususnya di Pematangsiantar atau cabang-cabang lainnya. Yeyen mengutarakan bahwa wing chun ini merupakan salah satu olahraga beladiri terbaru di Indonesia dan bahkan saat ini sedang mengajukan keanggotaan di KONI. “Namun kita saat ini sudah berkembang di 20 provinsi, salah satunya di Sumut,” terangnya.

Dijelaskan juga bahwa event ini diikuti atlet yang ada di 20 provinsi dan ajang ini diselenggarakan oleh Federasi Wing Chun Indonesia yang diketuai Sifu Marthin Kusuma. Rencananya pertandingan akan dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. (pam/hez/ms)