Pasangan Margan Antarkan 11.396 Perbaikan Dukungan

TAPUT – Tim bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Taput dari jalur independen pasangan Margan Sibarani dan Sahat Nababan mengantarkan 11.396 dukungan perbaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Berkas dukungan perbaikan tersebut diterima langsung komisioner KPU Taput, Jumat (7/6).

Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu mengatakan, dukungan yang diserahkan tim pasangan Margan sebanyak 11.396 dukungan, berasal dari beberapa kecamatan. Antara lain, Kecamatan Siatas Barita, Pahae Julu, Pangaribuan, Sipoholon, Muara dan Siborongborong.

“Sekitar pukul 10.00 WIB, tim pasangan Margan mengantarkan 11.396 dukungan perbaikan,” ujar Lamtagon.  Ia menjelaskan, setelah menerima dukungan perbaikan tersebut, selanjutnya KPU akan menyerahkannya kepada panitia pemungutan suara (PPS) untuk dilakukan verifikasi faktual.

PPS yang akan turun langsung menanyai warga yang menyatakan dukungan kepada pasangan Margan.

“Dalam verifikasi faktual ini, PPS akan menanyakan langsung kepada orang yang tercatat memberikan dukungan itu. Apakah memang benar yang bersangkutan sesuai dengan nama yang tertera memberikan dukungan atau tidak,” paparnya.

“Masa verifikasi sampai tanggal 21 Juni. Kemudian hasilnya akan diumumkan pada 29 Juni,” katanya.  Masih kata Lamtagon, jika ternyata dukungan pasangan Margan memenuhi syarat, maka akan berhak menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Taput dari jalur independen.

“Pendaftaran calon bupati dibuka mulai 1-6 Juni di kantor KPU Taput,” tandasnya. Sebelumnya, kata Lamtagon, dari hasil verifikasi pertama pasangan Margan telah mendapatkan dukungan sebanyak 11.164.

Sementara itu, sesuai dengan persyaratan, untuk dapat maju menjadi calon Bupati Taput dari jalur independen, pasangan calon harus mendapatkan sebanyak 15.983 dukungan dari pemilih.

“Jadi  pasangan Margan hanya membutuhkan dukungan sebanyak 4.819 jiwa pemilih untuk dapat mencalonkan,” ujarnya.

Hotbin Purba, salah seorang warga Taput, mengharapkan agar KPU dan Panwaslukada Taput melakukan verifikasi dukungan pasangan independen dengan sebaik-baiknya dan jujur.

Melakukan verifikasi faktual dengan langsung menanyakan kepada yang memberikan dukungan tersebut tanpa melakukannya dengan sistem acak.

“Kalau memang tidak memenuhi persyaratan gagalkan. Tetapi kalau memang mencukupi, ya silakan,” katanya.

Karena, kata dia, dengan terselenggaranya semua tahapan Pemilukada Taput dengan baik dan dapat dibuktikan, maka akan berbuah kekondusifan di Taput.

“Apalagi saat ini akses untuk mengetahui informasi sudah terbuka untuk semua lapisan masyarakat.

Jangan nanti penyelenggara Pemilukada meloloskan pasangan yang tidak lengkap syarat, sehingga menimbulkan polemik yang berujung ketidak kondusifan Taput. Untuk itu marilah kita jalankan tahapan Pemilukada Taput dengan baik dan jujur,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panwaslukda Taput Edward Lumbantobing menyatakan, pihaknya akan menelti kembali hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU untuk memastikan dukungan tersebut benar-benar ada. (Cr-02/osi)