Peci Bekas Uje Laku Rp62,5 Juta

Setelah meninggal, Ustaz Jeffry Al-Buchori masih saja menyisakan amal baik untuk orang lain. Ia menyumbangkan Rp31,5 juta untuk pembangunan sebuah masjid di Jimbaran, Bali. Uang itu didapat dari penjualan peci bekas Uje, yang dilelang dan laku seharga Rp62,5 juta.

Separuh dari uang itu diserahkan pada keluarga almarhum, sisanya lagi untuk pembangunan pesantren.

Pelelangan itu sendiri dilakukan di Bali. Uje sempat memotivasi pengurus masjid untuk memugar rumah ibadah tersebut, karena sudah tak layak untuk menampung jamaah.

“Tadinya mereka mau mengundang almarhum untuk menggalang dana di sana,” kata Fajar Sidiq, adik Uje saat ditemui di kediaman Uje, kawasan Rempoa, Selasa, 4 Juni 2013. Sayang, Uje sudah lebih dulu dipanggil Yang Kuasa.

Fajar pun berinisiatif menggalang dana melalui peci bekas Uje. “Pecinya nggak saya cuci, masih ada bekas keringat. Hanya disikat saja,” imbuhnya. Alhasil, ada seorang bapak dan anak muda berusia 14 tahun yang berminat. “Amal Rp31,5 juta masuk masjid, Rp31 juta anggaplah harga peci,” Fajar menyebutkan.

Tatu Mulyana, ibunda Uje menuturkan, Pipik menerima dengan ikhlas hasil penjualan itu. “Pipik nggak ada komentar, insya Allah itu sudah haknya,” kata Tatu.

Ia sendiri tak mempermasalahkan alasan peci itu dilelang. Yang jelas, hasilnya dipergunakan untuk kebaikan. (vn/int)