Pemilu Kada Taput 2013 Biaya Pengamanan Rp1Miliar Lebih

AIPDA W Baringbing

TARUTUNG – Dana pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilu Kada) Taput 2013 yang disetujui oleh Pemkab sebesar Rp1.074.2500.000. Anggaran itu telah ditampung di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Derah (APBD) Taput 2013 dengan pos anggaran dana hibah ke Polres Taput.

Plt Sekda Taput Drs HP Marpaung saat dikonfirmasi METRO melalui telepon selulernya, membenarkan bahwa dana untuk pengamanan Pemilu Kada Taput yang dihibahkan ke Polres Taput sudah disetujui DPRD dan telah ditampung dalam APBD 2013.

Adapun dana yang telah disetujui itu antara lain untuk keperluan pengamanan penyelenggara Pemilu Kada. “Anggaran sebesar itu diharapkan bisa mengongkosi seluruh kegiatan personel Pam Pemilu Kada. Baik Pam di dalam kota, maupun Pam di 15 wilayah kecamatan se-Taput,” kata Kapolres Taput AKBP IKG Wijadmika melalui Kasubag Humas AIPDA W Baringbing SH, Minggu (14/4) kemarin.

Dia berharap, semua alokasi anggaran yang bersumber dari APBD itu dapat digunakan dengan baik. Hanya saja, W Baringbing tidak menjelaskan peruntukan secara rinci alokasi anggaran tersebut.

“Yang jelas operasional untuk pengamanan Pemilu Kada membutuhkan biaya yang besar,” kata Baringbing. Meski demikian, dia menegaskan ada atau tidaknya anggaran untuk pengamanan, pihaknya tetap bertanggung jawab untuk menciptakan kamtibmas. “Ada tidaknya dana itu, kita tetap bertanggung jawab untuk menciptakan kamtibmas. Jika menilik cukup atau tidak sangatlah relatif,” sebutnya.

Dia menjelaskan, anggaran Pam Pemilu Kada sudah disetujui DPRD dan akan dicairkan sesuai peruntukannya. “Untuk Pam Pemilu Kada nanti akan disiagakan personel khusus di polsek-polsek. Sedangkan untuk jumlah kekuatan diperkirakan mencapai 1.000 personel,” ucapnya.

Ditegaskannya, kekuatan personel pengamanan Pemilu Kada pihaknya juga berencana mendatangkan pasukan Satkor Brimob Polda. Satkor Brimob tak hanya mengirimkan pasukannya saja. Tapi juga sejumlah kendaraan taktis (rantis) ditarik ke Taput. Termasuk truk water canon dan truk khusus pengangkut kawat berduri jika diperlukan.

“Artinya bentuk pengamanannya melihat perkembangan di lapangan nantinya. Semoga kepolisian dapat bekerja maksimal dengan memanfaatkan bantuan anggaran dari pemerintah. Sehingga pelaksanaan Pemilu Kada yang aman jujur adil dan demokratis seperti yang kita harapkan bersama terwujud,” tandasnya.(cr-01)

Komentar