Pemilukada Taput Pendaftaran Cabup Dibuka 1 Juli 2013

TARUTUNG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Taput mulai 1 Juli 2013 membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil Bupati periode 2014-2019 pada 1 Juli 2013. Sementara, Pemilukada Taput akan dilangsungkan 10 Oktober 2013.

“Jadwal dan tahapan Pemilukada sudah kita tetapkan, dan pada 29 Juni sampai 30 Juni kita akan umumkan pendaftaran dan pengambilan formulir pasangan calon. Sebab, masih ada tahapan Pemilukada lain yang harus dilaksanakan,” terang Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu, kemarin di Tarutung.

Dikatakan Lamtagon, untuk pasangan calon perseorangan atau independen, penyerahan dokumen rekapitulasi dukungan dimulai 10 April hingga 5 Mei 2013. Sedangkan pendaftaran baik untuk pasangan calon perseorangan maupun dari partai politik dimulai 1 Juli hingga 6 Juli 2013.

Lamtagon menjelaskan, tahapan Pemilukada dimulai dari penyerahan dokumen rekapitulasi dukungan calon perseorangan, pendaftaran pasangan calon perseorangan, dan yang diusung oleh partai politik, kemudian pemeriksaan kesehatan.

Kemudian dilanjutkan dengan penetapan dan pengumuman pasangan calon yang memenuhi persyaratan, penentuan nomor urut, masa kampanye, hingga penetapan pasangan calon terpilih berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kecamatan.

“Berdasarkan jadwal tahapan resmi yang kita keluarkan, penyerahan dokumen rekapitulasi dukungan calon perseorangan akan dimulai 6 Mei hingga 10 Mei 2013. Sementara untuk pendaftaran pasangan calon, baik perseorangan maupun yang diusung partai politik berlangsung selama enam hari yang dimulai dari tanggal 1-6 Juli 2013 mendatang,” katanya.

Kemudian untuk pemeriksaan kesehatan, dilakukan selama empat hari yang dimulai tanggal 9 Juli sampai dengan 12 Juli 2013. Sementara untuk penetapan, penentuan nomor utut dan pengumuman pasangan calon yang memenuhi persyaratan, 12 Agustus sampai 13 Agustus 2013 nanti.

Usai penentuan nomor urut kemudian pihaknya menetapkan masa kampanye. “Kalau nomor urut pasangan calon sudah clear, kita akan melangkah ketahapan kampanye, dan siap melangsungkan pemungutan suara pada 10 Oktober mendatang,” tuturnya.

Selanjutnya, apabila terjadi putaran kedua dalam Pemilukada, hari H pencoblosan ditetapkan pada 11 Desember 2013. Penetapan pasangan calon terpilih untuk putaran kedua berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten dilakukan pada tanggal 18 Desember dan 19 Desember 2013.

“Setelah itu dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada 8 April 2014 mendatang,” tandasnya.(cr-01)

Komentar