Pemko Akan Gelar Diklat Pim IV

Kepala BKD Kota Sibolga Yahya Hutabarat

SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan menggelar pendidikan pelatihan pimpinan (Diklat Pim) tingkat IV pada pertengahan April 2013. Pesertanya nantinya yakni para PNS golongan III di jajaran Pemko Sibolga.

Ha ini dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Sibolga Yahya Hutabarat, Jumat (1/3). Menurutnya, hal ini bertujuan dalam rangka meningkatkan  kompetensi dan keahlian para PNS yang akan menduduki jabatan Eselon IV.

“Para pesertanya terdiri dari para PNS Pemko Sibolga golongan III yang belum menduduki jabatan struktural eselon IV serta pejabat eselon IV yang belum pernah mengikuti Diklat PIM IV. Kegiataan ini akan dilaksanakan selama 35 hari di Aula BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan),” katanya.

Lanjutnya, selama pelaksanaan Diklat PIM IV, para peserta yang berjumlah 40 Orang akan dikarantina di Hotel Prima Sibolga. Sedangkan terkait materi yang akan diberikan selama Diklat PIM IV ini, Kepala Bidang Diklat BKD Sibolga Nilawati S mengatakan, sesuai dengan materi yang telah dilaksanakan sebelumnya akan dibagi dalam 4 materi.

“Materi pertama yakni, kajian sikap dan perilaku yang berisi, out bond/kepemimpinan di alam terbuka, kecerdasan emosional pengenalan dan pengukuran potensi diri, serta etika kepemimpinan aparatur.

Sedangkan untuk materi II, kajian manajemen publik yang muatannya SANRI (Sistim Administrasi NKRI), dasar-dasar administrasi publik, dan pemerintahan yang baik, manajemen SDM, keuangan, materil, koodinasi dan hubungan kerja, operasionalisasi pelayanan prima, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, serta tehnik komunikasi dan presentasi yang efektif.

“Sedang materi ketiga yakni kajian pembangunan berisi konsep dan indikator, otonomi dan pembangunan daerah, kebijakan dan program pembangunan nasional, kualitas tehnis substansi lembaga. Materi IV aktualisasi berisi isu aktual sesuai thema, observasi lapangan (OL) kertas kerja perorangan (KKP), serta kertas kerja kelompok (KKK). (son)

Komentar