Kurangi Kawasan Permukiman Kumuh

Pemko Bangun 130 Rumah di Datuk Bandar

TANJUNGBALAI – Pemko Tanjungbalai melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menurut rencana akan membangun sekitar 130 unit rumah di atas lahan seluas 3 hektar di Kecamatan Datuk Bandar.

Tujuannya untuk menghindari kawasan permukiman kumuh, disamping menciptakan pemukiman baru yang harmonis dan memacu pengembangan wilayah perkotaan. Soalnya, wilayah Datuk Bandar, yang direncanakan sebagai lokasi pembangunan pemukiman baru itu, masih ditemukan lahan-lahan yang belum dikelola baik oleh masyarakat maupun pemerintah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tanjungbalai, H Ramadhan Purba mengatakan, untuk tahap pertama direncanakan dibangun rumah dengan tipe 36. “Pembanguan rumah itu diperkirakan menelan dana sebesar Rp 3,5 miliar bersumber dari APBD TA 2014,” katanya.
Menurut Ramadhan, pembangunan rumah itu diperuntukkan bagi masyarakat yang selama ini bermukim di jalur hijau dan kumuh. “Keadan itu terlihat merusak keindahan wilayah perkotaan di Tanjungbalai,” ujarnya.

“Tujuan pembangunan perumahan tersebut juga sekaligus untuk menata pemukiman penduduk yang lebih hari harmonis, asri, nyaman dan sehat. Sehingga beberapa waktu kedepan kawasan pemukiman kumuh tak lagi ditemukan di Tanjungbalai,” ujarnya.(Mbc/Int)

Komentar