Pendaki Gunung Temukan Puluhan Permata

Seorang pendaki gunung asal Perancis menemukan puluhan permata yang bernilai ratusan ribu dolar. Permata ini diyakini dari India Air yang kecelakaan dekade lalu. Komandan Polisi salah satu wilayah Peracis Sylvain Merly mengatakan, pendaki gunung berpengalaman yang tidak ingin disebut namanya menemukan permata itu di gunung Mont Blanc. Permata itu berada di dalam kotak yang bertanda ‘Made in India’.

Ia menemukan kotak itu di salah satu gletser di puncak gunung itu, dan menyerahkannya kepada polisi 9 September 2013, lalu. Pihak berwenang berharap menemukan seseorang yang terhubung dengan pemiliknya, yang diduga merupakan penumpang pada salah satu dari dua jet yang jatuh pada tahun 1950 atau 1966.

Merly mengatakan, ukuran kotak itu sedikit lebih kecil dari kotak sepatu dan terbuat dari logam. Permata itu di dalam tas kecil dan sebagian besar permata berjenis zamrud dan safir.  Merly mengatakan puing-puing dari pesawat Air India yang kecelakaan itu naik ke puncak Mont Blanc karena adanya gletser yang bergerak ke atas. ‘’Glester itu selalu bergerak,’’ kata dia.

Merly mengatakan keputusan pendaki itu untuk menyerahkan kotak berharga tersebut menandakan masih ada orang-orang jujur. (int)