Pasca Sarjana USI Buka Program Magister Ilmu Manajemen

Universitas Simalungun 1965
USI

MetroSiantar.com-Dalam mengembangkan program akademik, Pasca Sarjana Universitas Simalungun (USI) Kota Pematangsiantar mendapat izin pembukaan program studi baru. Adalah Program Magister Ilmu Manajemen yang dibuka sesuai Surat Keputusan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kepmenristekdikti) Nomor: 318/KPT/I/2017 tanggal 13 Juni 2017.

Dengan terbitnya surat keputusan itu, maka mulai tahun akademi 2017/2018 Program Ilmu Manajemen (S2) resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru. untuk gelombang I mulai Juli-September 2017 dan Gelombang II mulai Januari-Februari 2018.

Kepala Prodi S2 Ekonomi Manejemen, DR Pinondang Nainggolan mengatakan, dalam proses pengelolaan program S2 ilmu manajemen ini, pihaknya membina 5 bidang konsentrasi, yaitu konsentrasi manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), konsentarsi manajeman keuangan, konsentrasi manajemen produksi dan operasi, konsentrasi manajemen pemasaran dan kewirausahaan, serta konsentrasi manajemen pendidikan.

Penetapan bidang konsentrasi ini didasarkan atas pengamatan yang mendalam di tengah masyarakat akan kebutuhan sumberdaya sesuai tuntutan zaman, terutama dalam menghadapi persaingan lokal, nasional dan persaingan global.

“Konsentrasi manajeman SDM atau human capital akan menyiapkan lulusan menjadi manajer yang memiliki kemampuan mengelola sumber daya manusia yang kompeten, sehingga menjadi sumberdaya strategik bagi organisasi.

Konsentrasi manajemen keuangan akan menyiapkan lulusan menjadi manajer di bidang keuangan yang berwawasan luas, mempunyai daya analisis, kompetensi teknis keuangan, baik keuangan sektor publik maupun perusahaan, kapabilitas konsepsional untuk mengarahkan keuangan perusahaan lebih menjamin profitabilitas, kelangsungan bisnis dalam jangka panjang,” katanya.

Selanjutnya konsentrasi manajemen produksi dan operasi, menyiapkan lulusan yang terampil akan cara berpikir atau analisis krisis, menjadi sumber daya yang kompeten sebagai manajer produksi dan operasi. Konsentrasi manajemen pemasaran dan kewirausahaan akan membuat lulusan menjadi manajer di bidang pemasaran, mampu menganalisis potensi pasar sasaran dan menganalisis persaingan pasar tingkat lokal, nasional dan internasional, serta membuat keputusan yang optimal. Disamping itu, mampu membangun kewirausahaan dengan memberdayakan potensi ekonomi menjadi sumber daya yang riil.

Sedangkan konsentrasi manajemen pendidikan akan menyiapkan lulusan yang memiliki pemahaman dan keterampilan di bidang manajemen pendidikan, perencanaan pendidikan, asesmen dan evaluasi program pendidikan, manajemen strategik serta mampu menganalisis isu dan problematik pendidikan, serta mengambil kebijakan optimal untuk mengatasi persoalan yang ada.

Keseluruhan bidang konsentrasi didesain pada suatu kurikulum dengan materi kuliah yang relevan, serta penguatan pada bidang penelilitian terapan, sesuai bidang konsentrasi atau peminatan. Lulusan dari program studi manajemen akan bergelar Magister Sains Manajemen (MSM) yang ditempuh selama lebih kurang 2 tahun, tiga semester perkuliahan, ditambah dengan satu semester untuk proses tugas akhir atau penulisan tesis.

Terbitnya SK Kepmenristekdikdti tentang izin program studi ilmu manajemen pada sekolah pasca sarjana USI adalah berkat kerja keras dari Direktur Pasca Sarjana DR Robert Siregar PhD bersama fungsionaris, dosen pascasarjana serta motivasi dari Rektor USI Prof  Dr Marihot Manullang. Termasuk dukungan pihak Yayasan USI dalam pembuatan proposal, sehingga mendapatkan penilaian yang layak dari Kemenristekdikdi. Hal yang menjadi penilaian adalah, ketersediaan dosen dan sarana-prasarana perkuliahan yang memadai, terutama didukung status USI sebagai universitas yang sehat dengan akreditasi institusi B+ (plus).

“Hadirnya program studi S2 magister ilmu manajemen pada Pasca Sarjana Universitas Simalungun ini adalah jawaban atas permintaan masyarakat akan pendidikan yang lebih tinggi pada bidang manajemen dan sekaligus mendekatkan masyarakat terhadap dunia kampus dalam meningkatkan pendidikan hingga starata dua (S2) bagi lulusan S1, maupun mareka yang sudah bekerja di instansi pemerintahan maupun dunia usaha atau swasta,” jelasnya. (pam/hez)