USI Wisuda 591 Sarjana dan Pasca Sarjana! SDM Siap Kerja dan Bersaing

Rektor USI memberikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati lulusan terbaik.
PatiarManurung/MetroSiantar
Rektor USI memberikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati lulusan terbaik.

MetroSiantar.com-Sebanyak 591 mahasiswa Universitas Simalungun (USI) mengikuti proses wisuda, Kamis (26/10) di Auditorium Radjamin Purba, Jalan SM Raja Barat, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar.

Wisudawan berasal dari lima fakultas yang ada di USI serta program pasca sarjana.

Pengurus Yayasan USI Amsar Saragih, dalam sambutannya, mendorong para wisudawan untuk menjadikan momen wisuda menjadi langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya. Dimana tugas dan tantangan lebih berat dan komplek dibandingkan sebelumnya.

“Hendaknya disadari bahwa keberhasilan yang dirayakan saat wisuda ini tidak lain adalah awal dari perjalanan panjang dalam mengarungi lautan karier ke depan yang sarat dengan tantangan,” jelasnya.

Di tengah tantangan yang ada, kata Amsar Saragih, alumni USI tidak hanya mengandalkan ijazah belaka, tetapi kompetensi dari perolehan ijazah tersebut harus berkembang melalui peningkatan kemampuan dan keterampilan diri. Lebih kreatif dan inovatif sebagaimana tuntutan kebutuhan dunia kerja termasuk di dalamnya penguasaan informasi serta teknologi dan organisasi.

“Selain itu alumni juga dituntut mempunyai kepribadian dan etika berkomunikasi yang baik, dan attitude merupakan salah satu pintu sukses masuk ke dunia kerja,”kata Amsar.

Peran USI, lanjut Amsar, tidak hanya pembelajaran kepada peserta didik saja tetapi USI sebagai perguruan tinggi swasta semakin dipercaya masyarakat lokal, regional dan internasional dengan menjalankan proses belajar mengajar secara taat asas sesuai dengan visi-misinya.

“Kepercayaan pemerintah terhadap institusi ini telah tumbuh ditandai dengan pemberian ijin operasional dua prodi baru Pascasarjana yakni magister hukum dan magister ilmu manajemen serta prodi akuntasi (S1) serta akreditasi Institusi B dan hampir seluruh program studi sudah B begitu juga pengakuan masyarakat Internasional terhadap institusi ini telah tumbuh ditandai dengan pengiriman 12 mahasiswa Fakultas Pertanian USI melakukan kegiatan Intershi (magang) di Jepang,” jelasnya.

Senada disampaikan Rektor USI Prof Dr Marihot Manullang. Berbagai metode terus dibangun USI guna menghasilkan mutu lulusan yang siap berkompetisi. Bahkan USI telah melakukan penerimaan mahasiswa secara online.

“Untuk pertama kalinya sudah melakukan sistem online sehingga ke  depan tidak perlu lagi datang ke USI ketika ingin mendaftarkan diri. Dalam satu ini kita juga melaksanakan program dengan menggunakan kurikulum baru,’ ujarnya.

USI telah menerima akreditasi B, lanjut Marihot, namun Civitas USI tidak bisa berhenti hanya di situ. Tetapi harus melaksanakan pola kerja dengan motto kerja kerja dan kerja.

“Kita juga sudah membangun kerjasama dengn ITB (Institut Teknologi Bandung) sehingga USI lebih baik. Kami juga menyediakan PPK sehingga alumni USI mendapatkan lowongan kerja sesaui dengan ilmunya. Dan tahun ini juga tiga orang dosen telah menyelesaikan Doktor. Saya menginginkan tahun depan ada dua guru besar. Pertambahan guru besar itu salah satu penunjang untuk mendatang mahasiswa berminat belajar di USI. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan dari kita semua,” terangnya.

Mewakili Alumni USI, Hermanto Sipayung dalam sambutannya mengatakan, lulusan USI tidak perlu merasa khawatir tidak mendapatkan pekerjaan.

“Dulu saya juga ketakutan ketika diwisuda. Saya mau kerja apa? Dan ternyata hanya satu hari setelah saya diwisuda langsung bekerja. Kenapa, ternyata lulusan dari USI itu sudah dicetak dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang siap bersaing,” katanya.

Belakangan ini, lanjut Hermanto, banyak perguruan tinggi yang tidak mampu menciptakan lulusan dengan SDM yang baik sehingga tidak mampu bersaing secara global. Tetapi, kualitas USI tidak perlu diragukan kesiapannya. Salah satu upaya itu dibuktikan dengan adanya Pusat Pengembangan Karir (PPK).

“Di sana semua alumni akan dilatih sebelum terjun ke duania kerja. Bahkan kemanapun para alumni sudah ada yang siap menampung para wisudawan yaitu alumni,” terangnya.

Di tengah berbagai program kerja yang telah banyak diukir dalam memajukan USI, tambah Hermanto, para alumni USI juga berharap terobosan-terobosan terus ada sehingga USI semakin maju. Salah satu yang diharapkan adalah kelak ada Fakultas Jurnalis. Hal ini berdasarkan tingkat kebutuhan di tengah masyarakat yang sekaligus menjadikan USI semakin terpublikasikan.

“Saat ini  banyak alumni USI yang berkarir di dunia jurnalis. Bahkan sebagian besar menjabat sebagai pimpinan tertentu,” ucap pria yang menjabat pemimpin redaksi Harian Metro Siantar, salah satu anak perusahaan Jawapos Group .

Acara wisuda turut hadiri oleh Walikota Pematangsiantar Hefriansyah dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Dilaksanakan penyematan selempang dan penyerahan cinderamata kepada tiga dosen yang telah menyelesaikan gelar doktornya antara lain Dr Corry Purba MSi, Dr Tioner Purba SHut MP dan Dr Sarintan Damanik Shut MSi. Disamping itu, enam wisudawan/wisudawati dengan nilai terbaik juga mendapatkan penghargaan dari Civitas USI.(pam/ms)