Pengurus Pujakesuma Psp dan Tapsel Dilantik

[Foto: Parlin pohan]
Ketua PD PKB Pujakesuma Tapsel drh Untung Suwandi dan Ketua PKB Psp Sugiono menandatangani SK pelantikan, disaksikan Ketua Pujakesuma Sumut Joko Susilo.

SIDIMPUAN – Pengurus Daerah Paguyuban Keluarga Besar Putra Jawa Kelahiran Sumatera (PD PKB Pujakesuma) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Kota Padangsidimpuan (Psp) periode 2013-2018 dilantik, Kamis (14/2), di Aula SPMA Tapsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Psp.

Ketua PD PKB Tapsel drh Untung Suwandi dalam sambutannya mengatakan, siapa saja yang memiliki hubungan dengan suku Jawa, seperti, istri atau suami dan ibunya suku Jawa adalah termasuk dalam PKB Pujakesuma dan dibuka seluas-luasnya untuk menjadi anggota.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapsel ini juga mengajak seluruh warga jawa yang ada di Tapsel untuk bersatu padu membesarkan Pujakesuma dengan memberikan peranan dan dampak yang positif terhadap pemerintah.

Sementara Ketua PD PKB Pujakesuma Psp Sugiono, juga mengajak seluruh warga Psp baik yang sudah menjadi anggota maupun yang belum untuk segera masuk menjadi anggota untuk membesarkan Pujakesuma.

Ketua Forkala Tapsel Sutan Soripada Harahap pada kesempatan itu mengajak seluruh etnis baik apa saja untuk menjadi modal dalam keberagaman untuk mendukung program pembangunan di Tapsel.

Karena saat ini, katanya, di Tapsel sudah banyak organisasi massa diantaranya Batak, Jawa, Nias dan lainnya yang menjadi satu kekuatan dan modal mendukung program pembangunan di Tapsel sebagai kekuatan utuh yang kuat dibidang budaya dan kemasyarakatan.

Sedangkan Ketua PW PKB Pujakesuma Sumut Drs H Joko Susilo mengatakan bahwa semua pengurus yang dilantik memiliki tanggungjawab bersama dalam mengembangkan ormas Pujakesuma dengan membangun persaudaraan serta berbuat kebajikan antar sesama warga jawa dan etnis lainnya sampai ditingkat kecamatan dan kelurahan/desa.

Dia menjelaskan, keberadaan Nyonya Hj Marliah Soekirman yang merupakan istri dari Cawagubsu Soekirman, bukanlah tanpa alasan. Kehadirannya di acara pelantikan ini karena Soekirman adalah salah satu pengurus Pujakesuma sejak lama dan saat ini menjadi penasehat di tingkat pusat.

“Sejak awal Pujakesuma sudah menjatuhkan dukungan kepada Bapak Soekirman yang maju dan berpasangan dengan Gur Irawan. Pujakesuma bukan hanya di Sumut saja, tetapi ada di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri. Mari kita bersatu menjadikan pujakesuma bermanfaat dan bukan dimanfaatkan,” pesannya.

Soal adanya isu yang berkembang mengenai pujakesuma yang asli dan palsu, dirinya mengajak seluruh warga jawa untuk memahami sejarah awal berdirinya pujakesuma. Dari situlah disimpulkan mana yang sebenarnya kepengurusan pujakesuma.

“Ketua umumnya adalah Komjen Pol Oegroseno yang saat ini Kabarhankam Mabes Polri. Tidak mungkin jenderal bintang tiga mau memimpin organisasi yang bersalahan. Makanya dari sini marilah kita tentukan sendiri mana yang sebenarnya, agar kita tetap bersatu, Pujakesuma guyub, Pujakesuma joyo,” teriaknya disambut para hadirin.

Wakil Walikota Psp Muhammad Isnandar Nasution, pada kesempatan itu mengajak seluruh warga pujakesuma Psp untuk menjadi bagian dari kekuatan dan modal mendukung seluruh program pembangunan di Psp.

“Mari bersama mendukung pembangunan. Perbedaan adalah modal yang kuat dan menjadi bagian yang sangat diperlukan untuk mendorong percepatan pembangunan. Kami berharap Pujakesuma bisa bersinergi dengan Pemko Psp untuk mendukung pembangunan,” ajaknya.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam arahannya, meminta semua warga Pujakesuma bersatu ikut mendorong pembangunan di Tapsel dan menjadikan pujakesuma semakin besar. Sedikit dirinya menceritakan mengenai awal dibentuknya Pujakesuma di Tembung, Deliserdang dan juga pengalamannya yang sering jalan bersama warga pujakesuma di Siantar dan Simalungun.

“Kami ucapkan selamat buat yang dilantik. Kami harapkan pujakesuma menjadi bagian dari keberagaman adat dan budaya di Tapsel sebagai modal mendukung program pembangunan di Tapsel,” ujarnya.

Turut menyampaikan sambutan majelis pakar Pujakesuma Prof Aldwin Surya, Nyonya Hj Marliah Soekirman. Sebelumnya Sekretaris PW PKB Pujakesuma Sumut Rusmayadi membacakan SK para pengurus yang dilantik dan penyerahan bendera petaka kepada pengurus PD PKB Pujakesuma Psp dan Tapsel periode 2013-2018 yang dilantik.

Acara diisi dengan paduan suara dari siswa/I SPMA Tapsel serta penampilan adat budaya jawa yakni kuda kepang (jaran kepang) dan acara ini dihadiri oleh muspida plus, pimpinan SKPD Psp dan Tapsel serta seluruh keluarga besar pujakesuma Psp dan Tapsel.  (phn)

Komentar