Pesta Olob-olob GKPS Siantar V

Diisi Aksi Kasih kepada Jemaat Kurang Mampu

SIANTAR - Jemaat GKPS Resort Siantar V, Minggu (16/9), akan merayakan Pesta Olob-olob (sukacita, red) di Balai Bolon GKPS, Jalan Pdt J Wismar Saragih. Kegiatan diisi peduli kasih kepada jemaat GKPS Damei yang kurang mampu sesuai dengan Tahun Pastoral GKPS.   Demikian dikatakan Ketua I Panitia Drs Joni Kardos Purba, didampingi sekretaris Andoharman Saragih SH dan Bendahara St Sarulin Purba kepada METRO, Kamis (12/9).

Diterangkan Joni Kardos, Pesta Olob-olob merupakan pesta memperingati 109  tahun masuknya Injil ke tanah Simalungun yang dibawa oleh Pdt August Theis, tepatnya 3 September 1903 lalu. Setiap bulan September, seluruh jemaat GKPS mengadakan pesta olob-olob yang diisi dengan beragam kegiatan.

“Pesta Olob-olob GKPS Resort Siantar V akan diisi beragam kegiatan, antara lain aksi peduli kasih kepada jemaat yang kurang mampu, manortor, koor, dan akan  makan bersama,” kata Joni  Kardos. Diharapkan Joni Kardos, seluruh jemaat GKPS Resort Siantar V agar datang menggunakan pakaian adat Simalungun. Karena GKPS tidak terpisahkan dengan adat Simalungun. Kata Simalungun dalam Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) adalah bukti, betapa eratnya hubungan GKPS dengan budaya Simalungun.

Sementara Pendeta GKPS Resort Siantar V, Pdt Maijon Saragih mengharapkan agar seluruh warga GKPS Resort Siantar V yang meliputi GKPS Damei, GKPS Peniel, GKPS Sapangambei Sirpan Tolu, GKPS Tengkoh, dan GKPS Simbolon Panei, datang menghadiri pesta olob-olob tersebut. “Setiap merayakan pesta olob-olob, kita wajib bersyukur atas anugerah Tuhan atas datangnya Injil ke tanah Simalungun. Kedatangan Injil itu membuat Simalungun menjadi ikut dalam terang Tuhan dan membawa perubahan besar bagi seluruh warga,” ujarnya.

Inti sari Pesta Olob-olob kata Pdt Maijon Saragih adalah, bersyukur atas kedatangan Injil ke Simalungun dan yang yang paling penting, bagaimana jemaat Tuhan bisa mengimplementasikan Injil dalam kehidupan kita sehari-hari. (mer)