Pilkada Taput 2013 4 Bakal Calon Saling Klaim Parpol

TARUTUNG – Sebanyak empat bakal calon (bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Taput periode 2014-2019 saling klaim dukungan sejumlah partai politik (parpol).

Keempat pasangan balon ini masing-masing pasangan Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir, Sanggam Hutagalung-Sahat Sinaga, St Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang dan pasangan Sanggam Hutapea-Martinus Hutasoit, telah mendaftar ke KPUD Taput, Sabtu (6/7).

Pasangan Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir mengklaim telah mendapat dukungan dari PDI Perjuangan, Partai Buruh, Partai Patriot dan Partai Barnas. Sedangkan pasangan St Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang, mengklaim telah didukung PPRN, Partai Buruh, Partai Barnas dan PIB. Pasangan ini mendaftar pukul 22.30 WIB dengan didampingi ratusan pendukungnya..

Sementara itu, mantan Sekda Taput Sanggam Hutagalung yang berpasangan dengan Sahat Sinaga mengaku telah mendapat dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PPRN dan PDS.

Untuk pasangan Sanggam Hutapea-Martinus Hutasoit, mengklaim didukung Partai Hanura, Partai Barnas, Partai Kedaulatan, Partai Pemuda Indonesia, PNI Marhaneisme, Partai Karya Perjuangan, Partai Republikan, PNBK, PBB, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Serikat Indonesia, Partai Perjuangan Indonesia Baru, Partai Demokrasi Pembaharuan dan Partai Buruh.

Pasangan ini mendaftar pukul 21.00 WIB dan juga didampingi massa pendukungnya.Ketua tim sukses Sanggam Hutagalung-Sahat Sinaga, Dorgis Hutagalung mengatakan, dukungan parpol tersebut sudah tidak ada masalah.

“Perolehan suara ketiga parpol tersebut telah memenuhi ketentuan KPU Taput terkait aturan agar dapat mengusung pasangan calon peserta Pilkada. Jadi sudah tidak ada masalah lagi,” katanya.

Terpisah, Juanda Nababan, ketua tim sukses Nikson-Mauliate, saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, dukungan Partai Buruh kepada pasangan Nikson-Mauliate telah sah sesuai ketentuan.

“Karena Ketua DPP Partai Buruh juga hadir saat pendaftaran tadi. Tapi kalau Partai Barnas, memang ada dualisme, tapi itulah nanti yang akan diverifikasi KPU,” katanya.

Di lain tempat, Ampuan Situmeang, bakal calon Wakil Bupati Taput yang berpasangan dengan St Pinondang Simanjuntak yakin bahwa partai-partai yang mereka sebut mendukung mereka mengantarkan mereka mendaftar ke KPU Taput.

Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu saat menerima berkas pendaftaran Nikson-Mauliate mengatakan, pihaknya akan tegas untuk melakukan verifikasi terkait dukungan ganda dari parpol-parpol tersebut.

“Tergantung hasil verifikasi. Bisa saja kedua pasangan bakal calon yang mendaftarkan dukungan ganda parpol itu tercoret atau batal keduanya. Nanti kita akan tanya ke DPP parpol yang ganda itu serta ke Dephumkam,” tegasnya. (cr-01/hsla/nasa)

  • Gatot

    Kampanye sudah kemana mana, kapal sudah penuh.

  • Paian Saragi

    bagi para calon yang tidak lolos Verifikasi, TOLONG GENTLEMENT!
    Jangan Provokasi Masyarakat Taput Anarki