Pilkada Taput Terganjal Perpu

[Foto: dok]
Kantor KPU Taput yang terletak di Jalan SM Simanjuntak Nomor 2 Tarutung.

TARUTUNG – Hingga sekarang, KPU Tapanuli Utara belum berani memastikan kapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat digelar.

Pasalnya, Peraturan Pengganti Undang-undang (Perpu) dan surat keputusan dari Sumut terkait Pilkada tersebut belum turun.
Meski begitu, Ketua KPU Taput lamtagon Manalu menegaskan, pihaknya berencana memulai tahapan Pilkada periode 2014-1019 bulan ini, agar pencoblosan bisa dilakukan September mendatang.

“Sejauh ini kita belum bisa memastikan kapan Pilkada Taput digelar. Karena masih menunggu Peraturan Pengganti Undang-undang (Perpu).

Memang sesuai arahan dari KPU Pusat kita diperkenankan untuk melakukan Pilkada tahun ini. Tetapi belum ada Perpu dan surat keputusan KPU Sumut untuk melaksanakannya,” kata Lamtagon Manalu, kemarin.

Akan tetapi, tambah Lamtagon, berdasarkan rencana awal, tahapan sudah harus dimulai pertengahan Maret ini. Sehingga pemungutan suara dapat dilakukan bulan September.

“Namun jika tidak ada Perpu dan surat keputusan dari KPU Pusat dan KPU Provinsi, kita belum berani melakukan tahapan Pilkada meski sudah disusun,” ucapnya.

Dibeberkan dia, apabila Perpu dimaksud sudah turun, kegiatan awal pada tahapan Pilkada diawali dari pemutahiran data pemilih. Sebab, pemutahiran data pemilih akan mengacu pada Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diambil dari Pemkab setempat.

“Apabila Perpu sudah turun, tahapan Pilkada Taput sudah harus dimulai Maret,” tegasnya. Ditanya apakah kemungkinan adanya perubahan jadwal pilkada, Lamtagon mengaku bisa saja hal itu terjadi.

Misalnya, bila ada kendala-kendala yang menghambat pilkada, seperti masalah kebijakan yang menyangkut penetapan waktu pelaksanaan pilkada.

“Jadwal pelaksanaan pilkada dapat berubah bila ada kendala-kendala tertentu yang menghambat waktu pelaksanaan. Biasanya itu menyangkut teknis atau mungkin kebijakan,” jelasnya.

Dia menambahkan, sesuai aturan dan persyaratan, ada lima pasangan calon yang bisa maju dalam Pilkada Taput. Pasangan cabup dan cawabup itu bisa berasal dari partai dan jalur independent. (cr-01)

  • anata

    Pilihlah Bupati Taput dengan Kemampuannya untuk merubah Taput

  • Gatot

    Seperti omongan anak TK ,tdk jelas,apa ada kepentingan di dalamnya ?