Baru Tiga Parpol Serahkan Berkas ke KPU

Kantor-KPU-Siantar

MetroSiantar.com-Komisioner KPU Pematangsiantar Batara Manurung mengatakan, hingga kini baru tiga partai politik (parpol) yang menyerahkan berkas untuk mengikuti verifikasi administrasi dan faktual.

Hal itu diungkapkan Batara, Rabu (11/10) kepada wartawan. Ketiga parpol itu masing-masing, PDI Perjuangan, PSI dan Perindo. Namun PDI Perjuangan dan PSI diminta untuk melengkapi berkas. Sedangkan Perindo sudah diterima KPU Pematangsiantar untuk mengikuti verifikasi administrasi dan faktual.

Menurut Batara, batas penyerahan berkas atau dokumen verifikasi partai sudah ditetapkan, yakni hingga tanggal 16 Oktober mendatang.

“Yang mendaftar tiga. Berkas ketiga parpol itu kita kembalikan karena ada dokumen yang belum lengkap. Tetapi setelah kembali lagi ke KPU, Partai Perindo-lah yang sudah dapat diterima untuk diverifikasi lebih lanjut. PDI Perjuangan dikembalikan karena jumlah keanggotaan dan E-KTP anggota kurang. Untuk PDI Perjuangan ada dua lagi dan PSI ada tiga lagi yang kurang,” jelasnya.

Dia menegaskan, setelah batas penyerahan dokumen dan parpol tak kunjung menyampaikan berkasnya, maka KPU tidak bisa melakukan verifikasi administrasi kepada partai terkait, yang nantinya hal itu sebenarnya bertujuan untuk akumulasi yang dipergunakan KPU RI kelak untuk penetapan peserta pemilih.

Sebelumnya diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan verifikasi faktual terhadap seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Verifikasi akan dilakukan jika nantinya berkas yang diajukan parpol pada masa pendaftaran dinyatakan lengkap.

“Jadi setelah mendaftar, diperiksa terlebih dahulu kelengkapannya. Jika kurang, maka parpol diminta mendaftar kembali. Tahap berikutnya dilakukan penelitian administratif dalam rangka memeriksa kebenaran, keabsahan dokumen yang digunakan untuk mendaftar,” ujar Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, belum lama ini.

Menurut Arief, penelitian terhadap berkas dilakukan di beberapa tingkatan. Yaitu KPU pusat dan KPU tingkat kabupaten/kota.

“Bagi yang lulus syarat akan dilakukan verifikasi faktual di tiga tingkatan, KPU pusat-provinsi dan kabupaten/kota. Verifikasi untuk mencocokkan kebenaran dokumen dengan fakta di lapangan,” ucapnya.

Yaitu, kepengurusan di seluruh provinsi mencakup 34 provinsi. Kemudian kepengurusan di tingkat kabupaten/kota harus memenuhi syarat minimal tersebar di 75 persen daerah.

Masing-masing parpol juga harus memenuhi syarat memiliki kepengurusan di tingkat kecamatan. Minimal 50 persen dari seluruh kecamatan yang ada di satu kabupaten/kota.

KPU diketahui mulai membuka masa pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019, terhitung 14 hari sejak Selasa (3/10) hingga Senin (16/10) mendatang.

“KPU mengingatkan bahwa bagi parpol yang berniat menjadi peserta Pemilu 2019 wajib mendaftar ke KPU. Waktu pendaftaran hari ke-1 hingga ke-13 dibuka mulai Pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Sedangkan hari ke-14 dari pukul 08.00-24.00 WIB,” ujar Ketua KPU Arief Budiman.(pam/gir/jpnn/hez)