21 Parpol Ikut Penelitian Administrasi dan Faktual

Partai Politik 2017

MetroSiantar.com-Proses penyerahan dokumen berkas partai politik untuk menjadi calon peserta pemilihan umum di tahun 2019 sudah ditutup.

Total keseluruhan yang sudah resmi dinyatakan lolos di KPU Kota Siantar, untuk mengikuti tahap selanjutnya ada sebanyak 21 partai politik. Sebanyak 5 parpol dapat diterima setelah melakukan perbaikan di masa pertambahan waktu, sebagaimana diputuskan KPU Kota Pematangsiantar berdasarkan Surat Edaran KPU RI nomor 585.

Ketua KPU Kota Pematangsiantar Mangasi Tua Purba, menjelaskan walau ada 21 parpol yang menyerahkan berkas, tetapi tidak semuanya memiliki data yang sama dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

”Setelah diperiksa ternyata ada data dari 4 parpol yang tidak sesuai dengan Sipol. Namun parpol yang bersangkutan tetap bisa mengikuti tahap selanjutnya,” kata Mangasi Purba, Rabu (18/10).

Dijelaskan Mangasi, empat parpol yang tidak sesuai dengan data Sipol adalah Partai Republik, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), serta Partai Indonesia Kerja (Pika). Namun untuk parpol tersebut, menurut Mangasi Purba tetap dapat mengikuti tahap verifikasi administrasi dan faktual karena dokumen yang diserahkan ke KPU masih memenuhi ambang batas syarat minimal Kartu Tanda Anggota dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP).

“Mereka tetap dinyatakan dapat ikut tahapan berikutanya karena data dukungan keanggotaan yang diserahkan masih melebihi ambang batas syarat minimal data dukungan untuk di Kota Pematangsiantar yaitu 281 KTA dan KTP Elektronik. Berikutnya kita akan memeriksa kelengkapan selanjutnya,” jelasnya.

Mangasi Purba menambahkan, sebelumnya KPU sempat tidak menerima kehadiran beberapa parpol karena kedatangan pengurusnya sudah melampui batas, tepatnya tanggal 16 Oktober pukul 00.00 WIB. Sebab, sesuai dengan jadwal penerimaan berkas yang sudah ditetapkan adalah dari tanggal 3-16 Oktober. Namun sesuai dengan surat edaran KPU RI ada perpanjangan waktu 1×24 jam. “Ketiga parpol itu adalah Parsindo, Partai Idaman dan PPPI,” terangnya.

Usai melalui tahapan penyerahan berkas dokumen parpol, KPU akan melakukan penelitian adimistrasi dan faktual hingga 15 November 2017. Penelitian yang akan dilakukan KPU meliputi kegandaan internal, kegandaan eksternal (antar parpol), kesesuain KTA dan KTP atau Surat Keterangan (Suket) dan tidak memenuhi syarat anggota. Termasuk jika ada KTP PNS, TNI/POLRI, meninggal dunia dan tidak sesuai dengan wilayah.

Sementara untuk tanggal 16-17 Nopember 2017, selanjutnya KPU menyerahkan hasil penelitian administrasi kepada Parpol. Waktu perbaikan diberikan 18 November 2017 sampai 1 Desember 2017. Berikutnya KPU akan melakukan penelitian administrasi dan hasilnya kembali diserahkan kepada Parpol. Sementara tanggal 12 Desember 2017-4 Januari 2018, KPU Kota Pematangsiantar akan mengumumkan dan menetapkan parpol yang memenuhi syarat menjadi peserta pemilihan umum tahun 2019. (pam/esa/ms)