Polres Simalungun Gelar Operasi Simpatik Toba 2013 

[FOTO: Ist]
SEMAT – Kapolres Simalugun AKBP Andi S Taufik SIk menyematkan Briefed Pelopor kepada Kadishub kominfo Simalungun M Andreas Simamora.

SIMALUNGUN – Untuk memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat, membutuhkan kesiapan personil Polri, baik kesiapan mental maupun kesiapan fisik yang prima.
Tahun 2013 merupakan tahun politik, dimana mobilitas dan aktifitas para penyelenggara pemilu dan partai politik (parpol) peserta pemilu tahun 2014 akan meningkat.

Hal ini akan berdampak terhadap situasi dan kondisi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dan Kamseltibcar Lantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalulintas) di tanah air khususnya di Sumut.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs H Wisjnu Amat Sastro SH, Senin (6/5) dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kapolres Simalungun, AKBP Andi Syariful Taupik SIK MSi saat bertindak selaku inspektur upacara Gelas Operasi Simpatik Toba 2013 di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun.

Dikatakan, operasi penggelaran Operasi Simpatik Toba 2013 dimulai pada tanggal 7 Mei 2013 lebih awal dari operasi simpatik tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu diharapkan kepada para Kepala Satuan Wilayah (Kasawil) dapat membangun sinergitas, koordinasi dan kerjasama dengan semua komponen dan elemen masyarakat untuk bersama-sama berbuat dan berpartisipasi menciptakan situasi Kamtibmas dan Kamseltibar Lantas yang kondusif.

Menurut Kapolda, Operasi Simpatik Toba 2013 tersebut bertujuan antara lain, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas terutama bagi pengemudi kenderaan sepeda motor, menggelorakan semboyan keselamatan berlalulintas, terciptanya situasi Kamseltibcar Lantas, terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, menurunkan tingkat kemacetan dan sebagai kesiapan menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.

“Yang perlu mendapat perhatian adalah keamanan dan keselamatan personel terutama pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas, laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan secara procedural, proporsional, dan profesional guna mencapai hasil yang maksimal,” tandas Kapolda mengakhiri.

Upacara Gelar Operasi Simpatik Toba 2013 jajaran Polres Simalungun diikuti oleh Anggota Polres Simalungun, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Simalungun serta anggota Pramuka. Sebagai komandan upacara, Iptu Muri Yasnal, (Kanit Regiden Polres Simalungun), sebagai Perwira Upacara Kasat Sabara Polres Simalungun, AKP Putra J Purba.

Dalam upacara tersebut juga dilaksanakan penyematan pita putih biru secara simbolik terhadap tiga orang peserta upacara oleh Kapolres Simalungun. Seusai upacara Kapolres Simalungun juga menyematkan Briefed Pelopor Keselamatan Berlalulintas kepada, Ketua DPRD Simalungun, Plt Sekda, Ketua KPU, Kasrem 022 PT, Ketua PN Simalungun, Dan Denpom Pematangsiantar, Kasdim 0207 Simalungun, mewakili Dan Rindam, Kadishubkominfo, para Kabag jajaran Polres Simalungun, perwakilan Kapolsek, Kasatpol PP dan Linmas Kabupaten Simalungun.

Mengakhiri upacara gelar Operasi Simpatik Toba 2013, seluruh peserta upacara menyampaikan secara bersama-sama yel-yel “Saya Pelopor Keselamatan Berlalulintas” dengan memperagakan kedua tangan dan kaki baik sebagai pengendera mobil, sepeda motor dan pejalan kaki dengan gerakan yang berbeda-beda, sebagai bukti dukungan terhadap Operasi Simpatik Toba 2013.  (rel/pra)

Komentar