Polri Buka Pendaftaran Calon Brigadir Polisi

SIBOLGA – Kepolisian Republik Indonesia kembali membuka kesempatan bagi putra putri terbaik Indonesia untuk berkarir sebagai anggota Polri. Sesuai telegram Kapolri melalui Poldasu, penerimaan Brigadir Brimob dan Dalmas TA 2013 dibuka tanggal 27 Mei hingga 27 Desember.

“Pendaftaran dilakukan secara registrasi online melalui website di alamat www.penerimaan.polri.go.id. Kemudian melakukan verifikasi serta menerima nomor ID registrasi,” tutur Kapolres Sibolga AKBP Joas Feriko Panjaitan melalui Pgs Kasubbag Humas Aiptu Rahmadansyah Sormin kepada METRO, Selasa (26/2).

Persyaratan awal, yakni KTP dan KK asli serta fotokopi sesuai domisili wilayah hukum Polda pendaftaran, akte kelahiran, semua ijazah yang dimiliki, SKCK, surat kesehatan dari puskesmas setempat, dan pasfoto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 12 lembar.

Persyaratan umum, warga negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, pendidikan paling rendah SMU atau sederajat, usia paling rendah 18 tahun saat dilantik menjadi anggota Polri.

Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan), tidak pernah dipidana (surat keterangan dari Polres setempat), berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela, lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

Sormin melanjutkan persyaratan lainnya, yakni berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS atau SMK yang sesuai kompetensi dengan tugas pokok Polri (kecuali tata busana dan tata kecantikan) dengan nilai akhir minimal 6,5 (gabungan nilai UN dan nilai sekolah).

Umur saat dibuka pendaftaran minimal 17,5 tahun dan maksimal 21 tahun, tinggi badan minimal untuk pria 163 centimeter dan untuk wanita minimal 160 centimeter. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Brigpol, ditambah dua tahun setelah lulus.

Kemudian bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 10 tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Bripda. Memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali bagi yang belum berusia 21 tahun, tidak terikat ikatan dinas dengan instansi lain, saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda tempat pendaftaran minimal satu tahun yang dibuktikan dengan KTP atau surat keterangan dari kepala desa/lurah.

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada fungsi PHH Brimob dan Dalmas Shabara Polri, mengikuti dan lulus Rik/Uji dengan sistem gugur.

“Bagi pemuda pemudi warga Sibolga yang ingin mengabdikan diri kepada negara melalui kepolisian, dipersilahkan untuk mendaftarkan diri. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Polres Sibolga melalui Kasubbag Sumdan atau Kasubbag Humas,” pungkas Sormin. (fred)

Komentar