Rindu Istri, Napi Loncat Dari Lantai 3 Lapas

Kabur 24 Jam, Ditangkap di Rawa

Jayanta,Amd.IP.SH
Kepala Rutan Sibolga
Cabang Barus.

BARUS – Yosa Syahputra Gea (26) rindu dengan istrinya. Narapidana Rutan Barus inipun nekat kabur dengan cara meloncat dari lantai tiga rutan, Minggu (17/2). Namun, pelarian Yosa hanya berlangsung 24 jam. Terpidana kasus pencabulan ini berhasil ditangkap petugas, Senin (18/2) di rawa-rawa belakang pabrik es Pasar Tarandam, Kecamatan Barus atau sekitar 500 meter dari Rutan Barus.

Kepala Rutan Barus Jayanta saat ditemui METRO, Senin (18/2) di ruang kerjanya menuturkan, narapidana Yosa melarikan diri dari Rutan Barus di Jalan KS Tubun No 26, Minggu (17/2) pagi sekir apukul 08.00 WIB. Kala itu wilayah Barus, Tapteng, sedang diguyur hujan lebat dan penghuni rutan sedang antre sarapan pagi di lantai dua.

Ketika sedang antrean sarapan, Yosa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kabur. Napi yang divonis tiga tahun penjara ini naik ke lantai tiga gedung dengan cara menarik (membuka) paksa terali besi di lantai itu.

Setelah terali atau jerjak besi agak kendur, pria pindahan dari Lapas Sibolga dan baru tiga bulan menghuni Rutan Barus tersebut, masuk ke lantai tiga.

Kemudian, Yosa kembali merusak terali lantai tiga dan melompar dari ketinggian 13 meter ke luar tembok rutan. Pria yang telah 1,5 tahun menjalani hukumannya itu ‘mendarat’ tepat di kebun pembibitan sawit warga. Lalu ia bersembunnyi di sekitar pemukiman penduduk di Pasar Terandam.

Beberapa saat kemudian, petugas rutan yang mengetahui salah seorang napinya kabur, langsung melakukan pengejaran berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat. “Dalam pengejaran awal, dia kabur melewati belakang rumah warga di dekat rutan.  Sekira 500 meter dari rutan, dia menghilang di belakang pabrik es,” kata Jayanta.

Disebutkannya, petugas yang melakukan pencarian terdiri dari 12 orang dan dibagi menjadi tiga tim serta disebar di tiga titik. Antara lain yakni Manduamas, Pakkat, Barus. “Kita juga menyebar foto tersangka. Setelah 24 jam petugas menyisir tiga titik lokasi, akhirnya Senin (18/2) pukul 08.00 WIB, petugas berhasil menangkap Yosa atas informasi warga.

Dia ternyata masih di dalam rawa atau di belakang pabrik es Pasar Tarandam, Barus,” ujar Jayanta sembari mengucapkan terimah kasih kepada warga yang telah membantu pihaknya. Jayanta mengungkapkan, saat ditangkap, Yosa mengalami lecet dan pembengkakkan pada kedua kakinya setela melompat dari lantai tiga rutan.

“Petugas medis sudah mengobati lukanya. Dia mengalami lecet dan pembengkakan pada kedua kaki. Yosa saat ini sudah dibawa kembali ke rutan,” tandasnya. Lebih lanjut diungkapkan Jayanta, sesuai pengakuan Yosa, dia melarikan diri dari rutan karena rindu ingin bertemu kedua istrinya.

“Istri pertamanya di Sulawesi, sementara istri keduanya di Sibolga. Kita tidak tahu berapa anak dia. Memang sejak tiga bulan di Rutan Barus, Yosa tidak pernah dikunjungi keluarga maupun istrinya,” pungkas kepala rutan. (gideon)