Sambut Tahun Baru Islam

Pemko Gelar Pawai Akbar & Istighosah

TANJUNGBALAI – Sambut tahun baru Islam 1 Muharram 1434 Hijriah, Pemko Tanjungbalai bekerja sama dengan Ketua Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (DPK Korpri) menggelar beragam kegiatan di antaranya pawai akbar dan istighosah (doa bersama, red).

“Kegiatan yang digelar antara lain, pawai akbar, dan istighosah,” kata Wali Kota Tanjungbalai Dr H Thamrin Munthe MHum melalui Kabag Humas Dra Darul Yana Siregar kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (14/11).

Pawai akbar, kata Yana, akan dilaksanakan, Kamis (15/11). Di mana startnya dimulai dari depan Masjid Raya dan finish di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah.

Kemudian, doa dan istighosah dilaksanakan, Jumat (16/11) di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah dengan penceramah Drs H Syahrinal Azhar Lubis. Selain kegiatan itu, semarak Tahun Baru Hijriah ini juga akan dirangkai dengan musabaqoh zikir di pendopo rumah dinas Wali Kota Tanjungbalai Jalan Jenderal Sudirman.

“Senin-Kamis, atau tepatnya dari tanggal 19 sampai 22 November beragam kegiatan dilakukan dimulai pada pukul 20.00 WIB,” kata Yana. Sementara, untuk kegiatan Haflah, dilaksanakan 23 November di depan Masjid Raya Tanjungbalai yang diisi dengan ceramah agama oleh Prof Dr Syahren Harahap MA.

“Agar lebih meriah lagi, kegiatan semarak Muharram ini menghadirkan qori internasional, yaitu Drs H Padlan Zainuddin, H Darwin Hasibuan, H Gamal Abdul Naser Lubis, Ir H Khairi Lubis, dan H Zaini Lubis,” tambah Yana.

Lebih lanjut dikatakan Yana, kegiatan ini dilakukan guna memotivasi para pelajar orangtua serta masyarakat untuk mengajak anak-anaknya turut serta dalam berbagai kegiatan keagamaan apalagi untuk memeriahkan hari besar Islam.

Selain itu, kegiatan juga dapat mengingatkan anak-anak, orang tua dan masyarakat akan hari besar Islam. “Untuk itu, hal ini perlu ditumbuh kembangkan kepada anak-anak mulai dari usia dini ini,” ujarnya. (sus)