Sejumlah Nama Balon Bupati Paluta Beredar

PALUTA - Suhu politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tahun 2013 mulai memanas. Walaupun belum ada calon yang mendeklarasikan siap maju, namun manuver politik yang terjadi di masing-masing kecamatan di wilayah Paluta sudah mulai terlihat, seperti pemasangan alat peraga atau baliho bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paluta periode 2013-2018 dan penggalangan massa.

Sejumlah kalangan pun sudah mulai dibicarakan oleh masyarakat luas. Selain dari kalangan pengusaha, legislator, tokoh masyarakat, bahkan Bupati Padang Lawas Utara Drs H Bachrum Harahap dan ada juga dua anggota DPRD Labuhan Batu Selatan (Labusel) yang berasal dari Paluta pun digadang-gadang untuk berkompetisi pada pesta demokrasi tersebut. Sejumlah nama yang berniat tampil menjadi pemimpin mulai menebar pesona mengampanyekan diri itu, di antaranya Drs Bachrum Harahap (Bupati Paluta), H Syahrul Harahap MAP (tokoh masyarakat dan mantan Kadis Pendapatan Kota Medan), Parlinsyah Harahap SE MAP (Ketua Partai Gerindra Paluta), Amas Muda Siregar SE (Ketua Komisi I DPRD Paluta), Drs Ahmad Sailan Siregar (Wakil Ketua DPRD Paluta), Panggar Nasution (Anggota DPRD Labusel), H Raja Aman Hasibuan alias H Mokmok (Anggota DPRD Labusel).

Selain itu ada Ir Zulkipli Rambe (Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Paluta). Beredar juga nama calon bupati dari kalangan independen, yakni Lahmuddin Rambe (pengusaha asal Riau). H Raja Aman Hasibuan (H Mokmok) yang juga merupakan Anggota DPRD Labusel dihubungi wartawan yang disebut-sebut akan ikut meramaikan Pilkada Paluta 2013 menegaskan, siap untuk berlaga di Pemilukada Paluta 2013 mendatang. Namun demikian ia mengaku, ada sejumlah partai yang telah dilakukan komunikasi. “Insya Allah saya akan ikut dalam Pemilukada, namun masalah dari mana nanti belum bisa dapat saya ceritakan,” ungkapnya.

Sementara sejumlah warga mengaku, dari sejumlah nama yang sudah terdengar mencalonkan diri, mereka bersimpatik terhadap keempat sosok Drs H Bachrum Harahap, Drs Syahrul Harahap, H Raja Aman Hasibuan dan Parlinsyah Harahap. Menurut warga, sosok ke empat sudah lama dikenal warga Paluta dan diyakini akan mendapat dukungan dari masyarakat Paluta. “Saya sangat simpatik dengan ke empat calon ini, meski mereka belum menyatakan secara resmi pencalonannya. Kami yakin mereka layak untuk didukung, masalah siapa yang akan didukung dan dipilih itu nanti,” ujar H Harahap   dan beberapa warga Gunung Tua. (int/ong)

Komentar