Suhu Politik Jelang Pilkada Paluta Masih Dingin

Sejumlah Tokoh Mulai Tebar Pesona

PALUTA – Suhu politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tahun 2013 untuk periode 2013-2018 masih terlihat dingin. Meskipun sejumlah nama sudah mulai tebar pesona, terutama dengan banyaknya baliho di pusat Kota Gunung Tua.

Aktivis dan tokoh muda Paluta, Gusti Putra Hajoran Siregar SE, Jumat (22/3) mengatakan, tahapan Pilkada Paluta sudah dimulai sejak Februari lalu, bahkan saat ini sudah memasuki tahapan pengumuman persyaratan untuk calon perseorangan. Namun masih belum ada calon yang pasti mendapatkan perahu politik ditambah lagi dengan belum adanya satupun kandidat yang terus terang mengungkapkannya kepada publik.

“Masih terkesan dingin, mungkin masih saling menjajaki dan mempelajari peluang juga mungkin karena mesin politinya belum pasti jadi masih belum berani terang-terangan,” ucapnya. Padahal, kata pria yang aktif disejumlah organisasi kepemudaan di Paluta ini, dia memperkirakan Pilkada Paluta akan seru karena sejumlah calon adalah tokoh-tokoh besar dari berbagai kalangan dan profesi selain tentunya incumbent, Bupati Paluta Bachrum Harahap.

Sementara untuk pasangan kandidat bupati/cawabup Paluta yang sudah memastikan dirinya untuk maju pada Pemilukada 2013 ini dan santer mensosialisasikan diri ke tengah-tengah masyarakat yakni paket Drs H Syahrul Harahap dan H Sunggul Lelo Siregar, meskipun belum diketahui pasti apa partai politik yang akan mengusung paket ini.

Sedangkan kandidat lainnya masih malu-malu, diantaranya Drs Bachrum Harahap (Bupati Paluta), H Raja Aman Hasibuan alias H Mokmok (Anggota DPRD Labusel) dan Letkol Kav Sutan Siregar. Selain itu beredar juga nama calon bupati dari kalangan independen, yakni Lahmuddin Rambe (pengusaha asal Riau) dan Ir Khairul Amrin Harahap.

Ketua KPU Paluta Muhammad Ali Ansor SAg mengungkapkan pihaknya melihat situasi politik di Paluta menjelang Pemilukada masih kondusif dan aman saja. Dirinya berharap kondisi seperti ini tetap terjaga hingga akhir proses Pemilukada. Dengan begitu, tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilukada bisa berjalan aman dan lancar sesuai apa yang diharapkan bersama.

Walaupun belum ada calon yang mendeklarasikan siap maju secara terbuka, namun manuver politik yang terjadi dimasing-masing kecamatan di wilayah Paluta sudah mulai terasa, seperti pemasangan alat peraga atau baliho bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paluta periode 2013-2018.

Sementara itu sesuai dengan jadwal dan tahapan yang dikeluarkan KPU Kabupaten Paluta menetapkan pemungutan suara putaran pertama untuk Pilkada di Kabupaten Paluta 14 Agustus 2013.

Hal ini kata Ketua KPU Kabupaten Paluta Muhammad Ali Ansor SAg berdasarkan keputusan KPU Kabupaten Paluta Nomor 09/Kpts/KPU-Kab-002.964953/2013 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Paluta periode 2013-2018 mendatang.

Ditetapkan pemungutan suara untuk putaran pertama pada tanggal 14 Agustus 2013 mendatang. Dimana masa akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati Paluta periode 2008-2013 pada tanggal 27 November 2013.

Badan penyelenggaran seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 9 kecamatan,  katanya juga sudah dibentuk dan segera akan menyusul kemudian Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Saat ini kita sudah masuk dalam tahap pengumuman persyaratan pencalonan pasangan perseorangan hingga tanggal 24 Maret nanti,” ujarnya.

Sesuai jadwal penetapan dan pengumuman pasangan calon terpilih hasil pilkada tahun 2013 dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2013 dan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih dilaksanakan pada tanggal 27 November 2013 nanti. Jika terjadi putaran II sesuai dengan jadwal pelaksanaan pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober nanti.

Penetapan dan pengumuman pasangan calon terpilih hasil pilkada tahun 2013 dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2013. Kemudian pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih juga dilaksanakan pada tanggal 27 November 2013 nanti.

“Tahapan pilkada sebenarnya sudah mulai dilaksanakan sejak Februari 2013 dan saat ini kita sudah memasuki tahapan pengumuman persyaratan pencalonan pasangan perseorangan hingga tanggal 24 Maret nanti dan tahapan lainnya sesuai dengan jadwal yang sudah disusun,” ucapnya.

Sementara itu secara resmi mulai tanggal 20 Maret KPU Paluta sudah mengumumkan persyaratan calon Bupati dan Wakil Bupati Paluta periode 2013-2018 melalui jalur perseorangan. Dan untuk keperluan lebih lanjut bagi seluruh para calon yang hendak maju melalui jalur perseorangan, dipersilahkan mendatangani kantor KPU Paluta di Jalan Bangau Nomor 92 Lingkungan IV, Gunung Tua mulai tanggal 20-24 Maret.

Adapun jadwal pendaftaran untuk bakal calon bupati dan wakil bupati tahun 2013 melalui jalur perseorangan yakni pengumuman persyaratan calon mulai 20-24 Maret, penyerahan dukungan fotocopy KTP dalam bentuk hard copy dan soft copy mulai 25 Maret hingga 9 April, verifikasi PPS, PPK dan KPU mulai tanggal 9 April hingga 6 Mei, pemberitahuan hasil verifikasi tanggal 7 Mei, penyerahan berkas untuk perbaikan tanggal 8-9 Mei, verifikasi PPS, PPK dan KPU mulai tanggal 10-18 Mei dan pendaftaran Pasangan Calon, Penyerahan Surat Pencalonan beserta lampiran, Pendaftaran Tim Kampanye dan Rekening khusus Dana Kampanye mulai tanggal 19-25 Mei.

Adapun syarat dukungan untuk jalur perseorangan, katanya yakni mempunyai dukungan (fotokopi KTP atau dokumen kependudukan lainnya yang masih berlaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan) sebanyak 13.808 jiwa dan tersebar dilebih dari 50 persen kecamatan di Kabupaten Paluta atau 5 dari 9 kecamatan. (phn)